JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Sejumlah sukarelawan mengevakuasi pohon Randu Alas yang tumbang di areal parkir Kebun Binatang Gembira Loka, Rejowinangun, Yogyakarta, Rabu (30/03/2016). Sejumlah pohon berukuran besar tumbang akibat tiupan angin kencang yang terjadi di kawasan itu, sejumlah kios-kios pedagang oleh-oleh di kebun binatang tersebut mengalami rusak, dua orang meninggal dunia dan belasan wisatawan dan warga mengalami luka-luka. JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Sejumlah sukarelawan mengevakuasi pohon Randu Alas yang tumbang di areal parkir Kebun Binatang Gembira Loka, Rejowinangun, Yogyakarta, Rabu (30/03/2016). Sejumlah pohon berukuran besar tumbang akibat tiupan angin kencang yang terjadi di kawasan itu, sejumlah kios-kios pedagang oleh-oleh di kebun binatang tersebut mengalami rusak, dua orang meninggal dunia dan belasan wisatawan dan warga mengalami luka-luka.
Jumat, 1 April 2016 20:55 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

CUACA EKSTREM
Jangan Berteduh di Bawah Pohon

Cuaca ekstrem melanda wilayah Jogja beberapa hari terakhir

Haraianjogja.com, JOGJA-Walikota Jogja, Haryadi Suyuti meminta masyarakat Jogja mewaspadai pohon tumbang mengingat musim hujan dan angin kencang masih akan terjadi selama beberapa hari ke depan.

“Hindari berteduh dibawah pohon besar yang berpotensi tumbang,” kata Haryadi seusai meninjau proses evakuasi pohon tumbang di beberapa lokasi di Kota Jogja, Kamis (31/3/2016).

Haryadi mengaku telah mengecek semua peralatan, kendaraan, dan personil tanggap bencana untuk mengantisipasi terjadinya bencana di musim hujan baik pohon tumbang maupun ancaman luapan air sungai.

Ia juga meminta dinas terkait untuk selalu mengupdate informasi cuaca dari lembaga dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Khususnya untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Permukiman, Sarana dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil), dan Badan Lingkungan Hidup (BLH), “Semua harus stanby, siaga personel, siaga alat dan siaga armada.” tegas Haryadi.

Kepala BPBD Kota Jogja, Agus Winarto menyatakan telah menerjunkan personel dan peralatan ke beberapa lokasi untuk evakuasi pohon tumbang bersama TNI-Polri, relawan bencana, dan masyarakat.

Data dari Pusat Pengendalian Operasional BPBD Kota Jogja, jumlah pohon tumbang sebanyak 23 pohon besar, tidak termasuk pohon kecil yang jumlahnya mencapai puluhan seperti di Kebun Binatang Gembiraloka.

Pohon tumbang di antaranya terjadi di Balai Kota Jogja Umbulharjo, Jalan Sisingamaharaja Mergangsan, Jalan Ibu Ruswo Gondomanan, Jalan Batikan Pakualaman, Suyatmajan Danurejan, Jalan Rejowinangun Kotagede.

lowongan pekerjaan
Pengawas, Estimator, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Bangjo untuk Citra Kota Solo

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (19/9/2017). Esai ini karya Sugeng Riyanto, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah ust.sugeng@gmail.com. Solopos.com, SOLO —┬áDalam rapat kerja Komisi III DPRD Kota Solo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota…