Wiper khusus helm. (Detik.com)
Jumat, 1 April 2016 13:30 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Roda 2 Share :

AKSESORI MOTOR
Canggih, Kini Ada Wiper Khusus Kaca Helm

Aksesori motor wiper untuk helm diperkenalkan di pameran INAPA 2016.

Solopos.com, JAKARTA – Aksesori berupa wiper atau penghalau air hujan biasanya hanya terpasang untuk mobil. Tetapi kini sudah ada wiper khusus untuk helm para pengendara sepeda motor.

Aksesori motor yang tergolong unik dan inovatif itu diperkenalkan oleh perusahaan asal Taiwan, Haihao Technology Co Ltd dalam pameran otomotif Indonesian International Auto Parts, Accecories & Equip Exhibition (INAPA) di Jakarta, 29 Maret-1 April 2016.

Sama seperti pada mobil, wiper untuk helm itu juga dilengkapi gagang berlapis karet untuk menyapu air. Tetapi ukurannya jauh lebih pendek dan hanya dapat membersihkan air di area depan mata pengguna helm.

”Alat ini bisa membantu Anda sebagai pengendara motor karena saat hujan wiper ini bisa membantu pandangan mata untuk tetap melihat jalanan denga jelas,” terang GM Haihao Technology, Jerry Tseng seperti dilansir laman Detik, Kamis (31/3/2016).

Fungsinya jelas sangat membantu pengendara motor ketika diguyur hujan. Tetapi wiper itu membuat bentuk helm menjadi tidak biasa dan lebih berat. Sebab gagang terhubung ke alat penggerak berisi dinamo yang harus dipasang di bagian atas helm.

Jerry menjelaskan wiper untuk pengendara sepeda motor itu memiliki sapuan dengan sudut 120 derajat dengan kecepatan ayunan 15 rpm dan 25 rpm. Cukup memasang dua buah baterai tipe AA, maka wiper dapat digunakan hingga delapan jam penuh dalam suhu -20 derajat hingga 60 derajat.

Sayangnya untuk saat ini aksesori motor berupa wiper untuk helm itu belum dijual secara resmi di Indonesia. Tetapi di negara asalnya, wiper unik itu dijual seharga 121 yuan atau sekitar Rp250.000 termasuk enam gagang cadangan.

lowongan pekerjaan
PT. Merak Jaya Abadi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pembuang Makanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (30/11/2017). Esai ini karya Setyaningsih, esais dan penghayat pustaka anak. Alamat e-mail penulis adalah langit_abjad@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Tahun lalu ternyata Indonesia memiliki prestasi yang wah cenderung angkuh. Prestasi itu bukan kemenangan di bidang olahraga,…