Otomotif
Kamis, 31 Maret 2016 - 15:10 WIB

SEPEDA MOTOR YAMAHA : Scorpio Hingga F1ZR, Ini 5 Motor Bernama Z Besutan Yamaha

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Poster Yamaha F1ZR. (Kaskus.co.id)

Sepeda motor Yamaha berinisial Z sudah muncul sejak 1994.

Solopos.com, SOLO –Yamaha baru saja merilis skuter matik (skutik) bernama Mio Z. Produk baru itu sekaligus menambah panjang deretan motor Yamaha di Indonesia yang dibekali nama akhiran Z sejak 1994 silam. Masih ingat apa saja?

Advertisement

Dihimpun Solopos.com dari pelbagai sumber, Rabu (30/3/2016), sepeda motor pertama dengan inisial Z yang diproduksi Yamaha di Indonesia adalah F1Z yang kemudian menjadi F1ZR. Motor bebek yang beredar tahun 1994-2003 itu terkenal dengan suara knalpotnya yang khas berkat mesin 2-tak berkapasitas 110,4 cc.

Begitu nama F1ZR redup, inisial Z diteruskan oleh Yamaha Jupiter Z yang lahir tahun 2003. Bebek dengan ciri khas lampu depan ganda itu awalnya dibekali mesin karburator 4-tak 110 cc. Tetapi kini mesinnya naik menjadi 115 cc dan menganut sistem fuel injection. Namanya pun berubah menjadi Jupiter Z1.

Di lini skutik, ada Yamaha Nouvo Z yang juga muncul pada 2003. Berbeda dari Mio, Nouvo Z hadir sebagai skutik namun dengan tampilan yang mengadopsi motor bebek. Tetapi kepopuleran skutik 113 cc itu hanya bertahan hingga 2008.

Advertisement

Sementara di lini motor sport, inisial Z dibawa oleh Yamaha Scorpio Z. Motor 200 cc itu lahir tahun 2006 dan diposisikan sebagai rival Honda Tiger. Sayanganya kakak Yamaha Vixion itu harus disetop produksinya 2014 lalu karena penjualannya yang lesu dan terkendala regulasi standar emisi.

Trah inisial Z selanjutnya diwariskan pada Vega. Pada awal kemunculannya, tahun 2001, motor bebek 110 cc itu hanya diberi nama Vega. Yamaha kemudian mengganti namanya menjadi Vega R dan berubah lagi menjadi Vega ZR pada 2008. Tetapi kini namanya berubah lagi menjadi Vega Force.

Dikutip Solopos.com dari laman Otorider, ternyata ada makna khusus di balik inisial Z pada sepeda motor Yamaha. Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Betty mengatakan Z memiliki filosofi “yang paling”.

Advertisement

“Sebagai huruf terakhir dalam alfabet, Z memiliki filosofi yang kami maknai sebagai yang paling, paling baik, paling hebat, paling maksimal,” ungkap Betty dalam peluncuran Yamaha Mio Z di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif