News
Kamis, 31 Maret 2016 - 00:10 WIB

KISAH INSPIRATIF : Nyata! Hakim Beri Uang Usai Vonis Siswa yang Mencuri untuk Sekolah

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sidang (Dok/JIBI)

Kisah inspiratif datang dari seorang hakim asal Sumatra.

Solopos.com, SOLO – Kisah mengharukan datang dari seorang hakim wanita di Sumatra. Setelah memvonis siswa yang mencuri uang untuk sekolah, ia memberikan sejumlah uang.

Advertisement

Saat akan memvonis, ia terlihat sangat berat mengucapkannya. Hakim itu terlihat menarik napas dalam-dalam. Dengan tegas, ia mengetok palu menghukum seorang siswa SMP yang duduk sebagai terdakwa di depannya. Siswa SMP itu mencuri untuk membayar biaya sekolah yang nunggak dan membeli alat sekolah.

Setelah mengetok palu dan menutup sidang, hakim tersebut tiba-tiba memanggil remaja itu maju ke depan. Ia mengeluarkan mengeluarkan dompet dan menghitung uang yang ada di dalamnya.

“Nak, jangan mencuri lagi ya. Belilah keperluan sekolahmu,” kata hakim yang bertugas di sebuah pengadilan di Sumatera ini sambil memberikan uang Rp 800 ribu ke siswa SMP tersebut.

Advertisement

Setelah itu, ia tersenyum kepada orang yang baru saja divonisnya. Seisi ruangan terdiam. Remaja itu hanya menangis mendapati uang pemberian itu. Panitera pengganti (PP) yang ada di ruangan itu hanya melongo. Setelah itu, ibu hakim itu buru-buru meninggalkan ruang sidang tanpa banyak berkata.

“Ah, itu cerita lama. Saya sudah lupa,” kata hakim yang meminta identitasnya ditutup rapat-rapat.

Dikabarkan Detikcom, Rabu (30/3/2016), hakim tersebut tetaplah hakim yang bertugas menegakkan hukum. Tapi seusai sidang, ia kembali menjadi ibu yang tak tega melihat siswa SMP mencuri demi kebutuhan sekolah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif