Soloraya
Rabu, 30 Maret 2016 - 17:00 WIB

PELANTIKAN KEPALA DAERAH : Mei, Yuni-Dedy Dilantik di Semarang

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kusdinar Untung Yuni Sukowati (istimewa)

Pelantikan kepala daerah atau Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Yuni) dan wakilnya akan dilakukan Mei mendatang.

Solopos.com, SRAGEN — Pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Dedy Endriyatno (Yuni-Dedy) akan dilantik menjadi bupati dan wakil bupati definitif pada Mei mendatang.

Advertisement

Kepastian waktu pelantikan kepala daerah itu didasarkan pada hasil konsultasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen ke Biro Otonomi Daerah (Otda) Provinsi Jawa Tengah, Senin (28/3/2016) lalu.

Asisten I Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Wangsit Sungkono, saat dihubungi solopos.com, Rabu (30/3/2016), menyatakan pelantikan bupati dan wakil bupati definitif dipastikan pada Mei mendatang.

Dia mengatakan prinsipnya dari Provinsi Jawa Tengah menghendaki tidak ada penanggujawab (Pj) kepala daerah di Sragen. Dalam konsultasi ke Biro Otda, Wangsit sempat mengusulkan agar pelantikan kepala daerah dilaksanakan pada saat akhir masa jabatan Bupati Agus Fatchur Rahman dan Wakil Bupati Daryanto, yakni 4 Mei 2016.

Advertisement

“Kemungkinan besar pelantikan bupati dan wabup definitif Sragen akan dibarengkan dengan Demak. Akhir masa jabatan kepala daerah Demak berakhir pada 3 Mei 2016. Pejabat di Biro Otda Provinsi berkonsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menginformasikan rencana pelantikan itu, sekaligus meminta kepastian surat keputusan (SK) pengangkatan bupati dan wakil bupati untuk Sragen dan Demak,” kata Wangsit saat rapat koordinasi di Semarang.

Wangsit tinggal menunggu kepastian tanggalnya yang harus disesuaikan dengan turunnya SK dari Kemendagri. Dia berharap hasil konsultasi Biro Otda ke Kemendagri segera disampaikan ke Pemkab Sragen agar segera ditindaklanjuti.

Wangsit menyampaikan pelantikan itu digelar di Semarang karena yang memiliki agenda kerja Gubernur.
“Nah, dalam pelantikan itu kan juga mengundang unsure pimpinan daerah di tingkat provinsi juga. Lagipula 5-8 Mei libur. Daripada pelantikannya 9 Mei, ya lebih baik maju jadi 4 Mei. Demak saya kira bisa menyesuaikan karena hanya selisih sehari.

Advertisement

Kini, Wangsit mulai menyiapkan serah terima jabatan (sertijab) kepala daerah lama dengan kepala daerah baru. Dia mengungkapkan waktu sertijab itu pasti setelah pelantikan tinggal harinya masih dibicarakan lebih lanjut.

Wangsit mengatakan sertijab akan diadakan di DPRD Sragen dan alokasi anggarannya sudah disiapkan di APBD 2016. Wangsit tidak mengetahui daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) sertijab itu masuk di DPRD atau satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya.

Sementara itu, Wabup Daryanto menyatakan mulai 4 Mei mendatang Bupati dan Wabup periode 2011-2016 secara resmi pensiun atau tidak menjabat lagi. Dia siap menyerahkan kursinya kepada penggantinya, yakni Dedy Endriyatno. Daryanto juga sepakat bila pelantikan kepala daerah diajukan sehingga tidak perlu ada Pj. Kepala daerah lagi. Semakin cepat kepala daerah dilantik maka proses kesinambungan pembangunan di Sragen segera berjalan.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif