Otomotif
Rabu, 30 Maret 2016 - 13:30 WIB

MOBIL KONSEP : Uniknya NMC, Mobil Mungil Tenaga Listrik Nissan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Konsep Nissan NMC. (Caradvice.co.uk)

Mobil Nissan NMC dibekali mesin bertenaga listrik.

Solopos.com, NEW YORK – Nissan mulai merealisasikan keinginannya menghadirkan mobil listrik berukuran mungil untuk perkotaan. Itu dibuktikan dengan diperkenalkannya mobil konsep Nissan New Mobility Concept (NMC).

Advertisement

Sejauh ini ada 10 unit mobil konsep NMC yang diciptakan Nissan. Empat unit di antaranya sedang dipamerkan dalam pameran otomotif New York Auto Show 2016 yang dihelat di Amerika Serikat sejak 25 Maret lalu hingga 3 April 2016 mendatang.

Seperti dilansir laman Caradvice, Selasa (29/3/2016), mobil Nissan NMC dibuat dari basis Renault Twizy. Ukurannya sangat minimalis, yakni panjang 2.330 mm, lebar 1.236 mm, tinggi 1.4600 mm, dan hanya mampu memuat dua orang tanpa bagasi.

Saking mungilnya, lahan parkir yang biasanya hanya mampu memuat satu unit sedan dapat digunakan untuk memarkirkan tiga unit Nissan NMC.

Advertisement

Sama seperti mobil biasa, Nissan NMC tetap dibekali empat roda, kaca spion, sepasang lampu depan dan belakang, serta roda kemudi. Tetapi bentuknya unik dan futuristik, sedikit mirip dengan konsep Toyota I-Road namun lebih kekar.

Urusan dapur pacu, konsep Nissan NMC dibekali mesin listrik bertenaga 12,6 kW yang dilengkapi baterai lithium-ion berkapasitas 61 kWh. Jika terisi penuh, baterai tersebut mampu membawa NMC berjalan sejauh 64 km dengan kecepatan maksimum 40 km/jam.

Berbeda dari Renault Twizy yang sudah dijual di benua Eropa dengan banderol 7.400 pounds atau sekitar Rp141 juta, Nissan menjelaskan NMC masih perlu pengembangan lebih lanjut. Terutama untuk menekan harganya namun dengan performa yang lebih baik.

Advertisement

Direktur Nissan Future Lab, Rachel Nguyen mengatakan mobil konsep Nissan NMC diciptakan karena diprediksi manusia membutuhkan kendaraan yang lebih praktis di masa depan. Sayangnya tidak dijelaskan jadwal produksi massal mobil imut-imut tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif