News
Rabu, 30 Maret 2016 - 10:25 WIB

KISAH UNIK : Pelantikan 435 Kasek di Tempat Pembuangan Sampah, Wakil DPRD Pingsan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelantikan kepala sekolah di Makassar di tempat pembuangan sampah di Makassar, Rabu (30/3/2016). (detikcom)

Kisah unik terjadi di Makassar saat 435 kepala sekolah (kasek) dilantik di tempat pembuangan sampah.

Solopos.com, MAKASSAR – Wali kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto melantik 435 kepala sekolah tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK se-Kota Makassar di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa, Makassar Rabu (30/3/2016).

Advertisement

Para kepala sekolah yang dilantik tersebut adalah hasil lelang kepala sekolah yang digelar Pemkot Makassar sejak Januari lalu. Sebelumnya, calon kepala sekolah melewati sejumlah tes di antaranya uji kompetensi akademik yang melibatkan guru besar dari berbagai perguruan tinggi di Makassar.

Hasil uji publik kemudian diumumkan lewat koran lokal dengan menjaring aspirasi publik melalui SMS, Facebook dan Twitter maupun aduan langsung ke bagian Humas Sekretariat Daerah kota Makassar, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar.

Selain itu, calon kepala sekolah juga telah menjalani tes kesehatan di RSUD Daya, dan tes narkoba (tes urine dasar) di Badan Narkotika Kota Makassar. Kepala sekolah yang dilantik akan mengisi jabatan di 365 SD dan inpres, 39 SMP, 22 SMA dan 9 SMK.

Advertisement

Danny Pomanto mengaku sengaja memilih TPA Tamangapa sebagai lokasi pelantikan bertujuan memberi kesadaran kepada semua pihak agar tidak membuang sampah sembarangan serta mendukung program pemilahan sampah yang telah dibuat oleh Pemkot Makassar.

“Seminggu lalu kita telah membongkar TPA yang berdampak gas metan menyebar ke kota dan kami telah minta maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Apa yang busuk pada kita hanya bisa dilihat orang lain sedangkan kita tidak, ini adalah revolusi pendidikan apa yang dilihat orang lain harus dibenahi. Pemilahan sampah bergerak dari pendidikan dasar berharap pada generasi kita, pendidikan tentang kebersihan dan Smart City,” ujar mantan Dosen Arsitektur Unhas ini seperti dilansir detikcom.

Dalam pelantikan ini, Wakil Ketua DPRD Makassar, Indira Mulyasari Paramastuti pingsan di lokasi TPA. Legislator Nasdem ini digotong oleh anggota Satpol PP dan dibawa ke klinik kesehatan di kawasan TPA Tamangapa untuk mendapatkan perawatan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif