Sport
Rabu, 30 Maret 2016 - 14:15 WIB

INDIA OPEN 2016 : Indonesia Tanpa Tontowi/Liliyana dan Praveen/Debby

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tontowi-Liliyana (Badmntonindonesia.org)

India Open 2016 diwarnai dengan tidak ikutnya dua pasangan ganda campuran terbaik Indonesia.

Solopos.com, NEW DELHI — Kontingen Indonesia dipastikan tak diperkuat dua ganda campuran andal, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto, di ajang India Open, 29 Maret hingga 3 April 2016.

Advertisement

Pelatih ganda campuran, Richard Mainaky, menyebut faktor kebugaran sebagai penyebab utama dua wakil Tanah Air itu batal tampil di kejuaraan berlevel grandprix super series itu. Tontowi masih dalam pemulihan pascacedera, sedangkan Praveen/Debby terbentur jadwal yang cukup padat. Pasangan terakhir kini dipersiapkan tampil di Malaysian Open Super Series Premier, pekan depan.

“Owi [Tontowi] saya lihat kondisi fisiknya belum maksimal. Pekan kemarin dia diprogramkan [melalui] 5 ronde [latihan] namun hanya sampai di ronde tiga. Jadi harus dimundurkan lagi persiapannya. Mudah-mudahan sudah bisa maksimal di pekan ini,” kata Richard dikutip dari Badmintonindonesia.org, Selasa (29/3/2016).

Sementara itu terkait Praveen/Derby, proses pemulihan terganggu kegiatan keduanya yang amat padat. “Praveen/Debby kondisinya belum normal karena terlalu banyak acara yang tidak bisa kami tolak. Jadi, mulai normal baru per Minggu [27/3/2016]. Jadi menurut saya lebih baik mereka persiapan untuk di Malaysia dan Singapura saja,” lanjut dia.

Advertisement

Tanpa Tontowi/Liliyana dan Praveen/Debby, Indonesia hanya diwakili pasangan Riky Widianto/Richi Puspita di nomor ganda campuran India Open 2016. Sementara itu, selain Riky/Richi, Indonesia mengirimkan delapan wakil lain dari berbagai nomor. Di tunggal putra, kontingen Merah Putih menurunkan Tommy Sugiarto dan Sony Dwi Kuncoro.

Tommy akan turun sebagai unggulan ke delapan dan akan menantang wakil Korea Selatan, Lee Dong Keun, di babak pertama. Sementara Sony harus melakoni perjuangan lebih berat memulai dari babak kualifikasi.

Dari nomor tunggal putri, terdapat Linda Wenifanetri dan Maria Febe Kusumastuti. Linda ditantang pebulu tangkis Jepang, Yui Hashimoto, di babak pertama, sedangkan Febe berjumpa tunggal Thailand, Porntip Buranaprasertsuk.

Advertisement

Dari nomor ganda putra dan ganda putri, Indonesia masing-masing mengirimkan dua wakil. Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi andalan di ganda putra, sedangkan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dan Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi menjadi tumpuan di ganda putri.

Sebelumnya, Indonesia gagal merebut satu gelar pun di India Open tahun lalu. Saat itu, pencapaian terbaik Merah Putih adalah menembus semifinal di tunggal putra (Tommy Sugiarto), ganda campuran (Praveen Jordan/Debby Susanto dan Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif