Teknologi
Rabu, 30 Maret 2016 - 19:30 WIB

FENOMENA ALAM ETA AQUARIDS : Mulai April, Langit Akan Dihujani Meteor

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi fenomena alam hujan meteor di langit. (Istimewa)

Fenomena alam Eta Aquarids akan terjadi mulai April 2016.

Solopos.com, SOLO – Fenomena alam yang unik kembali dapat disaksikan dalam waktu dekat. Mulai awal April, langit akan dihiasi dengan hujan meteor.

Advertisement

Fenomena langit yang disebut Eta Aquarids akan menemani langit subuh Anda. Eta Aquarids merupakan sebutan untuk hujan meteor yang terkait dengan Komet Halley. Dengan kata lain, Eta Aquarids adalah meteor sisa buntut Komet Halley yang terpisah ratusan tahun.

Hujan meteor ini mulai terlihat sekitar tanggal 20 April dan terus berlangsung hingga 21 Mei. Waktu terbaik untuk melihat hujan meteor ini yakni antara tanggal 5 sampai 7 Mei 2016, karena pada saat itu langit menjadi gelap selama bulan baru.

Pada momen tersebut, Anda akan melihat potongan-potongan kecil dari puing Komet Halley memasuki atmosfer Bumi lalu terbakar. Mereka disebut Eta Aquarids seperti yang biasa muncul dari konstelasi Aquarius.

Advertisement

Hujan meteor ini akan terlihat jelas di bumi bagian selatan. Namun, orang-orang di belahan bumi utara dapat menangkap momen ini jika cukup jeli. Terlebih, bila Anda berada dekat khatulistiwa.

Pada saat puncaknya, orang-orang di bumi selatan dapat melihat hingga 30 meteor setiap jam! Jika kondisi cuaca menguntungkan, malahan Anda yang berada di khatulistiwa dapat melihat hingga 10 meteor jatuh tiap jam.

Hujan meteor terbaik dapat dilihat dari khatulistiwa hingga ke 30 derajat lintang selatan. Jika Anda tertarik menyaksikannya, amat baik untuk pergi ke luar selama setengah jam sebelum hujan meteor dimulai agar mata terbiasa melihat dalam cahaya redup.

Advertisement

Selain itu, hujan meteor juga akan lebih jelas terlihat bila Anda bebas dari polusi cahaya dan lampu. Bersiap-siaplah sejak tengah malam, hujan meteor berlangsung sebelum subuh.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif