Jogja
Selasa, 29 Maret 2016 - 02:20 WIB

TANAH SULTAN : Pemkab Hentikan Pengajuan Rekomendasi Kekancingan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - PENGEMBANGAN KAWASAN PESISIR YOGYAKARTA Seorang warga dengan alat berat menyelesaikan pembuatan tambak udang di kawasan pesisir pantai selatan, Srandakan, Bantul, Yogyakarta, Jumat (17/1). Dalam setengah tahun terakhir kawasan yang merupakan Sultan Ground atau tanah Keraton Yogyakarta tersebut mulai dikembangkan menjadi tambak yang dikelola secara pribadi maupun kelompok karena dipandang mempunyai peluang besar untuk membangun perekonomian setempat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/

Tanah Sultan sementara waktu rekomendasi dihentikan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menghentikan proses rekomendasi pengajuan surat kekancingan ke Kraton Yogyakarta hingga batas waktu yang tak ditentukan. Penghentian ini erat kaitannya dengan proses pembuatan Peraturan Daerah Keistimewaan tentang pertanahan yang masih dibahas di Pemerintah DIY.

Advertisement

Kepala Sub Bagian Pertanahan dan Pengendalian Wilayah Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Surono mengatakan proses penghentian pengajuan rekomendasi kekancingan dilakukan sejak pertengahan Maret lalu. Kebijakan ini dilakukan sesuai dengan arahan dari panitikismo Kraton Yogyakarta.

“Praktis dengan dikeluarkan kebijakan itu, maka kami tidak lagi memroses permohonan rekomendasi,” Surono saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (28/3/2016).

Dia mengaku tidak tahu menahu sampai kapan kebijakan itu diberlakukan. Menurut Surono, proses penghentian rekomendai dilakukan erat kaitannya dengan proses pembuatan Perdais tentang Pertahanan yang saat ini masih digodok di Pemerintah  DIY.

Advertisement

“Kemungkinan pengajuan permohonan baru dibuka lagi saat perda ini selesai. Hal itu dilakukan agar status tanah dimiliki keraton jadi semakin jelas,” urainya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif