Teknologi
Selasa, 29 Maret 2016 - 20:25 WIB

PONSEL MURAH : Terlalu Murah, Freedom 251 Rp53.520 Diselidiki Polisi

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Freedom 251 (Gsmarena)

Ponsel murah Freedom 251 bikinan India diselidiki polisi karena dijual Rp53.520.

Solopos.com, NEW DELHI — Masih ingat dengan Ringing Bells? Perusahaan asal India itu beberapa bulan lalu membikin ponsel murah Fredoom 251 yang dijual Rp53.520. Tapi harganya yang sangat murah itu ternyata diragukan kepolisian.

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari Phonearena, Selasa (29/3/2016), keraguan yang dimaksud bukan berarti konsumen yang membelinya akan dipaksa membayar biaya tambahan. Ringing Bells tetap benar-benar menjual ponsel murah Freedom 251 Rp53.520.

Tuntutan penyelidikan datang dari pemimpin partai Bharatiya Janata, Kirit Somaiya, yang menganggap Ringing Bells telah melanggar aturan bisnis yang berlaku di India.

Advertisement

Tuntutan penyelidikan datang dari pemimpin partai Bharatiya Janata, Kirit Somaiya, yang menganggap Ringing Bells telah melanggar aturan bisnis yang berlaku di India.

Sayang tak dijelaskan pelanggaran yang dimaksud, namun Somaiya mengatakan Ringing Bells telah bertindak curang dengan menjual ponsel murah senilai Rp50.520.  Dalam sebuah kesempatan, Menteri Telekomunikasi India, Ravi Shankar Prasad, juga pernah mengatakan biaya modal Freedom 251 seharusnya berkisar US$40 atau setara Rp534.700.

Menanggapi tuntutan tersebut, saat ini pihak kepolisian India pun kabarnya tengah melakukan penyelidikan. ponsel Freedom 251 sejatinya bukanlah benar-benar garapan perusahaan India.

Advertisement

Lantas bagaimana bisa Ringing Bells menjualnya hanya Rp53.520?. Mungkin itulah yang jadi fokus penyelidikan polisi India. Sementara analis mengatakan serangan terhadap Ringing Bells dilakukan lantaran perusahaan ini dianggap mengancam kelangsungan bisnis telekomunikasi di India.

Apalagi Ringing Bells merupakan perusahaan yang belum punya rekam jejak apapun alias perusahaan baru. Meski didera kasus yang cukup menghebohkan publik India ini, nyatanya hal tersebut tak menggangu performa ponsel murah Freedom 251 yang saat ini dalam masa pemesanan.

Ponsel yang sulit ditandingi murahnya ini tetap laris manis diburu konsumen negeri artis-artis Bollywood itu. Selain itu seperti dikutip dari Gsmarena, Selasa, Dering Bells saat ini masih mengimpor suku cadang dari luar negeri dan merakitnya di India, tapi berencana membuat ponselnya secara domestik dalam setahun. Spesifikasi ponsel murah itu termasuk tinggi di kelasnya.

Advertisement

Ponsel murah Fredoom 251 dibekali prosesor  quad-core 1,3 GHz quad-core processor,layar 4 inci HD IPS display dengan RAM 1 GB RAM, memori internal 8 GB yang bisa diperluas menggunakan microSD hingga 32 GB.

Di sektor kamera Freedom 251 diperkuat kamera belakang  3,2 MP dan kamera belakang beresolusi 0,3 MP. Ponsel murah India itu berjalan dengan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan baterai berdaya 1.450 mAh.

Ringing Bells membekali ponsel murah Fredoom 251 dengan koneksi Internet 3G, Wifi 802.11 b/g/n, Bluetooth dan GPS. Ponsel Fredoom 251 tersedia dalam warna hitam dan putih. India merupakan pasar ponsel terbesar kedua di dunia dengan penggunanya mencapai lebih dari 1 miliar. Dengan adanya Fredoom 251, pasar ponsel India akan semakin kuat.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif