Jogja
Senin, 28 Maret 2016 - 19:20 WIB

UNBK 2016 : 25 Sekolah Siap, Tak Ada Siswa Berkebutuhan Khusus

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak berkebutuhan khusus (ABK). (JIBI/Dok)

UNBK 2016 di Kulonprogo akan digelar di 25 sekolah

Harianjogja.com, KULONPROGO – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 di Kulonprogo diikuti 25 sekolah dengan total peserta mencapai 3.799 orang.

Advertisement

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Kulonprogo, Sumarsana menyatakan tidak ada satupun peserta UNBK berstatus anak berkebutuhan khusus (ABK).

Sumarsana memaparkan, UNBK tahun ini akan diselenggarakan oleh dua SMP, enam SMA/MA dan 17 SMK. Kondisi tersebut jauh lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya dilaksanakan satu SMK dengan peserta sebanyak 308 orang.

“UN tahun ini ada empat ABK tapi kebetulan UNBK tidak ada yang ABK,” kata Sumarsana, dikonfirmasi pada Sabtu (26/3/2016).

Advertisement

Sumarsana lalu mengatakan, ada 49 ABK yang tercatat sebagai peserta Ujian Sekolah SD/MI. Namun, ujian tersebut masih diselenggarakan dengan sistem reguler berupa paper based test, bukan computer based test ala UNBK.

Jika tahun depan ada ABK yang menjadi peserta UNBK, tentu pihak sekolah tetap wajib menyediakan guru pendamping khusus, ruang ujian terpisah, dan sejumlah fasilitas penunjang lain.

Sebelumnya, Kepala SMP Negeri 3 Sentolo, Aprilia Dwi Isnaini mengungkapkan, ada tiga ABK yang terdaftar sebagai peserta UN 2016 di sekolah itu. Dua orang diketahui dalam kondisi tuna daksa, sedangkan satu lainnya low vision.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif