News
Senin, 28 Maret 2016 - 14:15 WIB

BOM PAKISTAN : Klaim Serangan, Faksi Taliban Sampaikan Pesan untuk PM Sharif

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI//Dok)

Bom Pakistan Minggu (27/3/2016) mengakibatkan sedikitnya 65 orang tewas.

Solopos.com, ISLAMABAD – Pakistan mengerahkan perburuan untuk menangkap militan di balik sebuah serangan bom bunuh diri yang menewaskan sedikitnya 65 orang di Lahore, Minggu (27/3/2016) petang.

Advertisement

Faksi Taliban Pakistan, Jamaat-ul-Ahrar, mengklaim berada di balik aksi di Provinsi Punjab tersebut. Mereka pun menyampaikan sebuah untuk Perdana Menteri (PM) Pakistan, Nawaz Sharif.

Sebagian besar korban merupakan perempuan dan anak-anak yang tengah menikmati liburan Paskah di taman Kota Lahore. Pejabat setempat mengemukakan ledakan selain merenggut sidikitnya 65 korban jiwa juga mengakibatkan sekitar 300 orang terluka. Jumlah korban diperkirakan akan meningkat.

“Kita harus membawa pembunuh saudara kita dan anak-anak yang tidak bersalah ke pengadilan. Kita tidak akan pernah membiarkan tindakan tidak manusiawi ini menguasai kehidupan dan kebebasan kita,” kata Juru Bicara Militer Pakistan, Asim Bajwa melalui media Twitter.

Advertisement

Kantor Sharif mengutuk serangan itu dan mengatakan sebuah aksi tanggapan telah diperintahkan. Sementara Jamaat-ul-Ahrar selain mengaku bertanggung jawab atas serangan itu juga mengeluarkan tantangan kepada pemerintah. “Kami ingin menyampaikan pesan kepada Perdana Menteri Nawaz Sharif bahwa kami telah memasuki Lahore,” kata Juru Bicara Jamaat-ul-Ahrar, Ehsanullah Ehsan.

Faksi itu telah mengeklaim berada di balik sejumlah serangan besar lainnya sejak memisahkan diri dari Taliban Pakistan pada 2014. Jamaat-ul-Ahrar juga pernah bersumpah setia pada Negara Islam Irak dan Suriah namun kemudian bergabung dengan pemberontakan Taliban.

Lahore yang menjadi ibukota Punjab, provinsi terkaya di Pakistan, dan secara umum dipandang sebagai jantung politik Sharif berserta partainya yang berkuasa.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif