Jogja
Minggu, 27 Maret 2016 - 23:20 WIB

WISATA KULONPROGO : Tarif Penginapan di Pantai Glagah Tak Naik

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Begini Suasana Pantai Glagah Indah saat Libur Lebaran 2014. (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Wisata Kulonprogo pada libur akhir pekan panjang seperti ini, tarif penginapan tidak naik

Harianjogja.com, KULONPROGO – Tingkat penghunian hotel-hotel di Pantai Glagah, Kulonprogo diperkirakan akan mencapai 80% pada libur akhir pekan ini. Meski demikian, belum banyak reservasi yang diterima oleh pihak pengelola hotel karena biasanya pengunjung lebih suka datang langsung untuk memesan kamar.

Advertisement

Pantai Glagah merupakan salah satu destinasi wisata utama di kawasan selatan Kulonprogo. Sumantoyo, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kulonprogo menyatakan bahwa biasanya hotel-hotel akan kebanjiran wisatawan setiap libur akhir pekan ini. Namun, ia menyebutkan belum ada laporan reservasi hotel yang membludak jelang liburan kali ini.

“Biasanya mencapai 80% meski saat ini belum ada peningkatan secara siginifikan,”ujarnya pada Jumat (25/3/2016).

Meski demikian, ia menyatakan bahwa para pengusaha hotel dan penginapan di Pantai Glagah tidak memiliki kekhawatiran karena belum banyak reservasi yang masuk. Pasalnya, wisatawan di sana memiliki kecenderungan untuk memesan hotel langsung ketika sudah sampai di tempat wisata. Pantai Glagah sendiri dilengkap oleh 26 penginapan dan hotel dengan jumlah kamar mencapai 522 kamar.

Advertisement

Sumantoyo memaparkan dalam masa liburan kali ini pihaknya tidak menerapkan kenaikan tarif. Tarif yang diberlakukan tetap seperti biasanya yakni mulai dari harga Rp100.000-Rp500.000 per malam tergantung dengan jenis kamarnya.

Kenaikan tarif hanya diberlakukan pada musim liburan Idul Fitri dan Tahun Baru atau dengan kesepakatan dari pengusaha hotel di wilayah tersebut. Ia menyatakan bahwa untuk kali ini pihaknya bersepakat bahwa tidak ada kenaikan tarif.

Umumnya, wisatawan Pantai Glagah merupakan rombongan keluarga yang berasal dari daerah sekitar Jogja, Kedu, dan Jakarta.  Selain itu, biasanya musim liburan juga dipenuhi oleh mahasiswa dan remaja dari daerah Jawa Tengah.

Advertisement

Krissutanto, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Parpora) Kulonprogo menyatakan bahwa Pantai Glagah memang merupakan salah satu penyumbang pemasukan pariwisata terbesar di Kulonprogo. Menjelang liburan kali ini, kesiapan di Pantai Glagah sudah terkondisikan. Terlebih lagi, masyarakat di sini sudah terbiasa dengan membludaknya wisatawan di akhir pekan.

Mendatang, ia menyatakan akan ditambah beberapa kegiatan menarik di pantai tersebut guna menarik lebih banyak wisatawan. Saat ini Pantai Glagah sendiri sudah menjadi destinasi andalan bagi sejumlah kegiatan seperti camping, senam, dan olahraga. Selain itu, beberapa desa juga sudah diminta untuk mempertontonkan sejumlah kesenian khasnya guna menjadi salah satu atraksi wisata tambahan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif