Otomotif
Sabtu, 26 Maret 2016 - 00:30 WIB

TIPS OTOMOTIF : Ternyata Ini Penyebab Tangki Motor Cepat Karatan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tangki bensin Yamaha R25. (Zigwheels.com)

Tips otomotif kali ini tentang mencegah karatan pada tangki motor.

Solopos.com, JAKARTA – Setelah digunakan bertahun-tahun, bagian dalam tangki bensin sepeda motor umumnya akan karatan. Tetapi karat bisa saja muncul meski usia motor relatif baru. Lantas apa penyebabnya? Simak tips otomotif berikut ini!

Advertisement

Dalam tips otomotif yang dibagikan pemilik bengkel Mount Guard Custom Jakarta, Edward, dijelaskan tangki bensin karatan karena tidak pernah diisi hingga penuh. Bagian yang tidak pernah tersentuh cairan bensin itulah yang paling cepat berkarat.

”Tangki berkarat biasanya kurang bensin. Misalnya tangki ukuran 12 liter, diisinya cuma lima liter. Akhirnya bagian atas kering. Karena ada ruang, bensin jadi menguap dan itu mempercepat korosi,” papar Edward seperti dilansir laman Liputan6, Kamis (24/3/2016).

Faktor lain yang membuat tangki bensin cepat berkarat adalah masuknya air ke melalui celah pada tutup tangki atau lubang kunci. Biasanya itu terjadi pada motor dengan tutup tangki bensin model stupa.

Advertisement

Ada beberapa tips otomotif supaya tangki motor tidak cepat karatan. Pertama, selalu isi bensin ke dalam tangki hingga penuh. Kedua, cek celah-celah di sekitar tutup tangki supaya tidak ada lagi air yang bisa merembes masuk.

”Selain itu usahakan setiap enam bulan sekali tangki dikuras. Bisa juga setelah itu melapisi bagian dalam tangki dengan cairan antikarat,” imbuh Edward.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif