Teknologi
Kamis, 24 Maret 2016 - 22:10 WIB

TIPS SMARTPHONE : Google Bagikan Tips Maksimalkan Kinerja Android

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Android (JIBI/Dok)

Tips smartphone Android mengajari Anda bagaimana memaksimalkan kinerja ponsel.

Solopos.com, SOLO – Android menjadi sistem operasi terbesar di dunia. Tapi, tak sedikit penggunanya mengeluh kinerja ponsel mereka yang melambat. Tentu saja hal ini dikarenakan banyak faktor.

Advertisement

Google membagikan tips sederhana memaksimalkan ponsel Android. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagaimana disampaikan dalam siaran pers yang diterima Antara, Rabu (24/3/2016):

Jangan Sampai Kehabisan Data
Jangan terjebak hingga kehabisan data. Ada pelacak data yang terpasang tetap di ponsel Android. Pilih menu Pengaturan dan kemudian klik Penggunaan Data. Pelacak data dapat disesuaikan untuk mencocokkan siklus penggunaan data Anda.

Advertisement

Jangan Sampai Kehabisan Data
Jangan terjebak hingga kehabisan data. Ada pelacak data yang terpasang tetap di ponsel Android. Pilih menu Pengaturan dan kemudian klik Penggunaan Data. Pelacak data dapat disesuaikan untuk mencocokkan siklus penggunaan data Anda.

Bijaksanalah Terhadap Apa yang Anda Sebarkan
Ketahui aplikasi apa saja di ponsel yang menggunakan informasi Anda. Jangan tunggu hingga telat mengetahui bahwa foto-foto dan musik pilihan Anda telah dibagikan kepada publik.

Pilih menu Pengaturan kemudian pilih Pengaturan Aplikasi. Pilih aplikasi tertentu, dan seharusnya aplikasi tersebut menampilkan daftar perizinan.

Advertisement

Trik sederhana ini dapat memberikan Anda ekstra 1 jam atau lebih dari daya aktif baterai ketika Anda tidak sedang membawa charger.

Ponsel Anda Adalah Anda
Salah satu bagian paling keren sebagai pengguna Android adalah fakta bahwa Anda dapat benar-benar membuat ponsel Anda sendiri. Semua aplikasi Anda dapat diorganisir untuk memprioritaskan aplikasi yang paling sering Anda gunakan dengan app launcher.

Akses Cepat ke Pengaturan
Ingin menghentikan ponsel Anda dari deringan saat rapat? Butuh senter saat keadaan darurat? Geser ke bawah layar ponsel Anda dan menu Pengaturan Cepat akan muncul.

Advertisement

Singkirkan Aplikasi yang Tidak Digunakan
Seringkali ponsel sudah terisi dengan aplikasi yang mungkin tidak diinginkan oleh pengguna. Sebagian dari aplikasi tidak bisa dihapus, tetapi Anda bisa mencegahnya berada di ponsel Anda.

Kunjungi Pengaturan Aplikasi pada perangkat Android Anda dan ketuk aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.

Bertindak Seperti Seorang Developer
Android memungkinkan semua orang menjadi developer. Jika Anda ingin ponsel Anda berfungsi pada kecepatan yang lebih cepat, aktifkan opsi developer.

Advertisement

Untuk melakukan hal ini, kunjungi tab “tentang ponsel ini” dalam pengaturan. Anda akan diarahkan ke bagian yang disebut “Nomor”. Ketuk 7 kali, dan Anda memiliki perangkat developer.

Sebuah bagian baru akan muncul di “Menu Tentang” yang disebut opsi Developer. Ada Beberapa bagian yang jika diubah bisa membantu mempercepat ponsel Anda di menu ini.

Jika Anda memilih untuk menurunkan “hiburan skala Window,” “Skala Transisi Animasi” dan “Animator durasi skala” 5X atau lebih rendah, ini akan mempercepat ponsel Anda.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menggerakan transisi antara jendela dan aplikasi. Meski demikian, Anda selalu dapat mengembalikan ini ke pengaturan asli.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif