News
Kamis, 24 Maret 2016 - 11:00 WIB

PENGAMANAN BANDARA : Dibantu TNI dan Polri, Keamanan Seluruh Bandara Ditingkatkan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bandara (Dok/JIBI)

Pengamanan bandara di seluruh Indonesia ditingkatkan menyusul serangan teror di Bandara Brussels.

Solopos.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II menyatakan pihaknya telah berkoordinasi secara intensif dengan TNI dan Polri untuk mengantisipasi tiap ancaman keamanan di seluruh kawasan
bandara.

Advertisement

Peningkatan keamanan tidak hanya terpusat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, melainkan pada 13 bandara yang dikelola AP II.
Di sisi lain, langkah pengamanan tersebut diharapkan tidak mengurangi tingkat kenyamanan penumpang. Oleh karena itu, AP II menyampaikan maaf apabila penumpang merasa kenyamanannya terganggu karena peningkatan keamanan ini.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan faktor keamanan dan keselamatan penumpang di bandara merupakan prioritas. Bahkan sejak Desember 2015 status kemananan ditingkatkan dari status hijau menjadi kuning, sesuai Instruksi Dirjen Perhubungan Udara No.5/ 2015 tentang Peningkatan Kondisi Keamanan Penerbangan dari Kondisi Hijau Menjadi Kondisi Kuning Pada Bandar Udara.

Perubahan status tersebut saat itu dikeluarkan sebagai langkah antisipasi menyusul kondisi keamanan di berbagai negara di Eropa selepas aksi teror di kota Brussels, Belgia dan Paris, Prancis.

Advertisement

“Bandara-bandara di bawah pengelolaan AP II sejak tahun 2015 telah meningkat status dari hijau menjadi kuning, yang berarti pengamanan telah diperketat,” kata Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/3/2016).

Sebagai bentuk kewaspadaan maka frekuensi patroli pengamanan ditingkatkan untuk menyisir area publik, area parkir, dan memeriksa kendaraan secara acak.

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, selain siaga Aviation Security ada pula penambahan personel Polri dan TNI untuk pengamanan obyek vital nasional itu. Di samping itu, dioperasikan pula sekitar 1.500 CCTV untuk memantau bandara selama 24 jam.

Advertisement

Soal penggunaan anjing pelacak yang sempat dikeluhkan penumpang, AP II memastikan hal itu bukan untuk mengendus barang penumpang melainkan kendaraan pembawa barang atau mobil boks.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif