Sport
Rabu, 23 Maret 2016 - 13:30 WIB

FORMULA ONE 2016 : Foto Rio Haryanto Tanpa Merah Putih, Ini Jawaban F1

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Cuplikan starting grid Rio Haryanto. (Twitter.com)

Formula One 2016 Australia sempat diwarnai foto Rio Haryanto tanpa bendera.

Solopos.com, SOLO – Sebelum balapan Formula One (F1) 2016 seri Australia dimulai, stasiun televisi Fox Sports menampilkan seluruh foto pembalap beserta posisi startnya. Anehnya, hanya foto Rio Haryanto yang tidak dilengkapi bendera.

Advertisement

Dalam tayangan F1 2016 seri Australia oleh Fox Sports, Minggu (20/3/2016), tampak foto Rio dan Pascal Wehrlein ditampilkan bersamaan. Di samping foto Pascal terpampang bendera Jerman, tetapi di samping Rio hanya kotak kosong melompong.

Menanggapi fenomena tersebut, sejumlah netizen di Twitter mengaku kecewa. Bahkan beberapa ada yang berang dan menganggap tidak ditampilkannya bendera merah putih di belakang Rio sebagai bentuk pelecehan terhadap Indonesia.

“Ngga ada bendera Indonesia di samping gambar @Rharyantoracing waktu nampilin starting grid. Apa2an ini panitia #F1Australia2016,” kicau @Radipirima.

Advertisement

“@Foxsports telah melecehkan Indonesia dengan tidak menampilkan bendera Indonesia di belakang @Rharyantoracing,” kicau @Fajarabdulharis.

Akibat kehebohan netizen yang semakin menjadi, pihak Fox Sports Indonesia sebagai pemengang hak siar pun angkat bicara. Mereka mengaku tidak terlibat apapun terkait tidak munculnya bendera merah putih di samping foto Rio Haryanto.

“Adapun ketiadaan bendera Indonesia pada grafis Rio Haryanto merupakan bagian tayangan yang kami terima apa adanya dari F1. Kami sudah menyampaikan hal tersebut pada pihak terkait [F1],” tulis @Foxsportsindo.

Advertisement

Jawaban Pihak F1
Kabar terbaru, Marketing Manager Fox Sports Indonesia, Tiara Sugiyono, menyatakan bahwa F1 akhirnya memberi merespons terkait hilangnya bendera merah putih Rio Haryanto. Mereka mengakui telah lalai, namun tidak dijelaskan alasan lebih rinci.

“Pihak F1 akhirnya sudah memberikan respons soal bendera Indonesia. Dalam pernyataannya mreka pun memastikan hal seperti itu tidak akan terjadi lagi di balapan yang Rio ikuti selanjutnya,” ungkap Tiara sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Okezone.

Seperti diketahui, gelaran F1 2016 seri Australia merupakan debut Rio Haryanto bersama tim Manor Racing di balap mobil kelas utama tersebut. Sayangnya laju pembalap asal Kota Solo itu tidak berjalan mulus karena ia tidak bisa menyelesaikan balapan akibat masalah driveline.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif