News
Rabu, 23 Maret 2016 - 11:25 WIB

ANGKUTAN UMUM JAKARTA : Gratis Seharian, Taksi Blue Bird Jadi Rebutan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi taksi Blue Bird (bluebird.com)

Angkutan umum Jakarta, taksi Blue Bird, Rabu (23/3/2016) menggratiskan layanan.

Solopos.com, JAKARTA – Taksi Blue Bird hari ini menjadi rebutan calon penumpang karena gratis untuk seluruh perjalanan di Jakarta dan sekitarnya selama 24 jam pada Rabu mulai pukul 00.00 WIB

Advertisement

“Saya sudah mencoba naik taksi Blue Bird dari tadi tapi enggak dapat-dapat, saya mau ke bandara. Taksi lain jarang lewat sini, dari tadi saya cuma melihat Blue Bird group saja,” kata Aminah, 45, dan suaminya yang mencegat taksi di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat pada Rabu.

Sementara itu, sopir taksi Blue Bird, Asmani,41, mengaku taksinya memang jadi rebutan.

Advertisement

Sementara itu, sopir taksi Blue Bird, Asmani,41, mengaku taksinya memang jadi rebutan.

“Wah saya hari ini merasa seperti artis, banyak sekali yang mau sama saya, cihuy. Orang-orang di jalan manggil-manggil minta ke bandara, memberi tanda terbang pakai tangan, tapi saya sudah bosan ke bandara, sudah dua kali pagi ini,” kata Asmani yang mengaku kebanjiran penumpang.

Asmani keluar pool di Cengkareng sejak pukul 03.00 WIB. Hingga pukul 09.00 WIB, pemasukan yang seharusnya dia dapat sesuai argometer adalah sekitar Rp1,2 juta. Naik empat kali lipat dari hari-hari biasa di periode jam yang sama.

Advertisement

Asmani mengaku tidak ikut unjuk rasa bersama teman-temannya pada Selasa (22/3/2016).

“Tadi pagi saya baca arahannya adalah semua taksi Blue Bird group, termasuk Pusaka, harus memberikan layanan gratis dan wajib mengucapkan permintaan maaf pada tamu. Menurut saya yang melakukan sweeping dan anarkisme itu sebenarnya bukan kawan saya. Dari satu pool yang isinya ribuan taksi itu hanya diizinkan perwakilan 10 orang yang demo, kok kemarin mendadak banyak sekali yang pakai baju biru,” katanya.

Sebelumnya, sepanjang perjalanan saat Antaranews menggunakan Blue Bird yang dikemudikan Asmani, banyak penumpang yang berusaha menghentikan taksi Blue Bird untuk melakukan perjalanan padahal taksi-taksi dari perusahaan lain banyak terlihat.

Advertisement

“Selamat pagi Pak, hari ini Blue Bird digratiskan untuk semua pelanggan,” kata supandi, sopir Bluebird kepada Antaranews, Rabu.

Beberapa pengguna taksi, termasuk Antaranews yang menghentikan taksi di sekitar Jalan Bintaro Utama, tidak tahu ada kebijakan yg diambil manajemen Blue Bird.

“Ini sebagai permintaan maaf Blue Bird kepada pelanggan kami pak,” kata Supandi,36.

Advertisement

Antaranews pun bisa menghemat Rp20 ribu tarif menempuh perjalanan dari Bintaro Utama ke pasar modern di Sektor 9 Bintaro.

Supardi mengatakan meski layanan digratiskan para sopir tetap diwajibkan untuk memberikan setoran kepada perusahaan.

Juga, tiket parkir dan jalan tol tetap harus ditanggung oleh pengguna taksi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif