Jogja
Selasa, 22 Maret 2016 - 05:40 WIB

SNMPTN UPN VETERAN : Kuota 1.032, Pendaftar Belasan Ribu Orang

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian masuk perguruan tinggi negeri (JIBI/Solopos/Antara)

Hingga jadwal pendaftaran ditutup, total telah ada 10.721 peserta finalisasi pendaftaran lewat jalur SNMPTN.

 

Advertisement

 

Harianjogja.com, SLEMAN-Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jogja (UPN Veteran Jogja) memiliki kuota sebanyak 1.032 orang bagi mahasiswa baru, yang mendaftar lewar jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Meski demikian, hingga jadwal pendaftaran ditutup, total telah ada 10.721 peserta finalisasi pendaftaran lewat jalur SNMPTN.

Wakil Rektor I UPN Veteran Jogja Nur Indrianti ditemui pada Senin (21/3/2016) mengatakan bahwa, peserta yang sudah memfinalisasi data saat mendaftar, akan diseleksi sesuai aturan resmi yang berlaku, termasuk prestasi dari nilai rapor, prestasi dalam Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional, prestasi dari kejuaraan atau lomba dan alumni.

Advertisement

Dari 16 Program Studi (Prodi) yang ada, dari bidang Ilmu Pengetahuan Alam atau Sains dan Teknologi (Saintek) prodi Perminyakan, Pertambangan menjadi prodi yang memiliki banyak peminat. Meski demikian dari rasio ketetatan [persaingan], Geologi dan Teknik Informasi juga menempati posisi tinggi. Dari bidang Sosial-Humaniora, prodi Komunikasi, Hubungan Internasional, Manajemen.

“Untuk rasio ketetatan dari prodi Perminyakan 1:20. Untuk Saintek minatnya kurang lebih sama, baik sebelum dan sesudah UPN menjadi PTN. Berbeda dengan ketika Seleksi Mandiri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Administrasi Bisnis, Geofisika akan terlihat menonjol,” ungkapnya.

Indri menyatakan dari tiga UPN Veteran yang ada di Indonesia yakni UPN Veteran Jogja, UPN Veteran Jakarta, dan UPN Veteran Jawa Timur, dari nilai peserta yang masuk atau input, UPN Veteran Jogja memegang peringkat teratas. Namun dari rasio ketetatan, UPN Veteran Jogja masih berada di bawah UPN Veteran Jakarta.

Advertisement

“Karena UPN Veteran Jakarta memiliki Prodi Kedokteran,” ucapnya.

Disinggung prestasi pemeringkatan tingkat nasional, Indri menyebutkan UPN Veteran Jogja berada pada urutan ke-26 dari 74 PTN di Indonesia. Pihaknya juga tidak ambil pusing dengan persaingan UPN Veteran Jogja di antara PTN lain di Jogja. Karena masing-masing PTN menurutnya, memiliki kekuatan dan kekhasan masing-masing.

Advertisement
Kata Kunci : SNMPTN Upn Veteran Jogja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif