Jogja
Selasa, 22 Maret 2016 - 17:20 WIB

PILKADA KULONPROGO : PAN Tak Buka Pendaftaran Cabup, tapi Menjaring Secara Internal

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Pilkada Kulonprogo mulai dipersiapkan oleh partai-partai

Harianjogja.com, KULONPROGO – Jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) 2017 mendatang, DPD PAN Kulonprogo mulai melakukan penjaringan calon yang akan diusung. Berbeda dengan DPD PDIP Kulonprogo yang telah membuka pendaftaraan secara terbuka, penjaringan versi PAN dilakukan secara internal.

Advertisement

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PAN, Sarkowi menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan tahapan penjaringan internal dengan melibatkan struktur kepengurusan partai hingga ke tingkat ranting.

Karena itu, partainya tidak membuka pendaftaran bagi warga ingin menjadi bakal calon bupati atau wakil bupati. “Tidak ada pendaftaran, hanya penjaringan,” ujarnya, Senin (21/3/2016).

Dari hasil penjaringan yang dilakukan, ia menyebutkan ada sejumlah nama yang muncul.

Advertisement

Namun, ia menolak untuk mempublikasikan nama-nama tersebut kepada masyarakat lebih dini. Pasalnya, ia merasa sejumlah nama ini masih membutuhkan koordinasi serta pembahasan lebih lanjut di tingkat internal partai. Selain itu, pihaknya juga masih perlu mempertimbangan niatan dari si tokoh terkait yang ingin maju melalui PAN.

Meski demikian, Sarkowi mengakui bahwa nama Suradi, salah satu PNS di Balai Besar Sungai Serayu dan Opak (BBSSO) masuk dalam penjaringan internal tersebut.

Lebih lanjut, Suradi juga telah mengembalikan formulir pencalonan diri sebagai bakal calon bupati di kantor DPD PAN Kulonprogo beberapa waktu lalu. Menurutnya, Suradi bukanlah tokoh yang asing bagi partainya karena pernah menjadi salah satu pengusung awal di partainya tersebut.

Advertisement

Nantinya sejumlah nama yang muncul dan terjaring ini akan dimintakan rekomendasi ke DPW PAN DIY oleh pengurus DPP. Di sisi lain, PAN juga sudah melakukan komunikasi dengan beberapa partai lainnya mengenai arah koalisi. Ia memaparkan bahwa pihaknya terbuka dan siap berkoalisi dengan partai manapun yang memiliki visi yang sejalan.

Sekretaris DPD PDIP Kulonprogo, Istana menyebutkan bahwa telah dilakukan pertemuan secara formal antara pengurus DPD PDIP dan PAN mengenai pilkada 2017 ini. Meski belum berarti kesepakatan untuk melakukan koalisi kembali, ia menyebutkan bahwa PAN telah sepakat untuk menyesuaikan tahapan persiapan pilkada sebagaimana yang telah dilakukan partainya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif