Jogja
Selasa, 22 Maret 2016 - 11:55 WIB

PARKIR MALIOBORO : Relokasi Dipastikan 2 April, Bagaimana Nasib Juru Parkir?

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Areal parkir dua lantai (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Parkir Malioboro akan direlokasi ke gedung Abu Bakar Ali

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah Kota Jogja memastikan relokasi parkir sisi timur Jalan Malioboro ke taman parkir Abu Bakar Ali (ABA) dilakukan pada 2 April mendatang. Kepastian tersebut disampaikan Walikota Jogja, Haryadi Suyuti seusai rapat dengan Pemda DIY, kepolisian, dan TNI di Balai Kota, Senin (21/3/2016).

Advertisement

“Ya, tata kalanya memang harus demikian,” kata Haryadi saat ditanya awak media terkait kepastian relokasi 2 April.

Haryadi menyatakan Kepolisian Resort Kota Jogja dan TNI Kodim Jogja mendukung proses relokasi parkir dalam rangka penataan Kawasan Malioboro.

Menurut Haryadi, relokasi parkir Jalan Malioboro hanya sebatas memindahkan zonasi parkir sebagai tahap awal penataan kawasan Malioboro yang dirancang provinsi. Ia memastikan pendekatan pemberdayaan pengelola parkir lebih dikedepankan dalam penataan fisik Malioboro.

Advertisement

Pihaknya sudah menyiapkan jaminan kesejahteraan bagi pengelola parkir yang akan direlokasi. Untuk mengetahui berapa jumlah pengelola parkir Malioboro yang akan mendapat jaminan, Haryadi akan membuka posko pelayanan sekaligus pendaftaran petugas parkir Malioboro pada 28 Maret mendatang di kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro.

Dari posko pelayanan tersebut petugas akan menjelaskan hak apa saja yang akan diperoleh para pengelola parkir pascarelokasi. “Kejelasannya silahkan datang 28 Maret di Posko Pelayanan,” ujar Haryadi.

Yang jelas, Haryadi mengakui sejauh ini ada 95 pengelola parkir di sisi timur Malioboro yang mengantongi surat tugas. Sementara lainnya sebagai petugas pembantu pengelola parkir. Namun petugas pembantu pun akan diberdayakan.

Advertisement

Ia menjamin tidak ada pihak lain yang mengelola parkir di taman parkir ABA kecuali dari pengelola parkir Malioboro. Hal itu diakui Haryadi sudah dikomunikasikan dengan Pemda DIY. Pihaknya juga menjamin tidak ada pengelola parkir baru pascarelokasi di sekitar kawasan Malioboro.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif