Jogja
Selasa, 22 Maret 2016 - 22:20 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Harga Sayur Melambung, Pembeli Pilih Menghemat

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seorang pedagang melayani pembeli di Pasar Argosari. Jelang Ramadan, bawang merah menjadi komoditas yang mengalami kenaikan tertinggi. Jumat (22/5/2015). (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Harga kebutuhan pokok berupa sayuran naik

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Harga sejumlah sayuran di Pasar Argosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami peningkatan sejak beberapa hari terakhir, sehingga sebagian konsumen memilih untuk menghemat pengeluaran.

Advertisement

Salah seorang pedagang di Pasar Argosari, Kecamatan Wonosari Yuni mengatakan, sejak dua minggu terakhir harga sejumlah sayuran mulai mengalami kenaikan.

“Seperti bawang merah dan bawang putih itu kenaikannya lumayan signifikan,” katanya seperti dikutip dari Antara, Selasa (22/3/2016)

Harga bawang putih saat ini dijual dengan harga Rp37.000 setiap kilogram dari sebelumnya Rp30.000 setiap kilogram. Harga bawang merah saat ini Rp34.000 setiap kilogram dari yang sebelumnya Rp32.000/kg.

Advertisement

Selain itu, untuk harga cabai rawit hijau dijual dengan harga Rp30.000/kg dari sebelumnya Rp28.000/kg.

Untuk harga tomat sekarang Rp5.000 setiap kilogram dari sebelumnya Rp4.000 dan kol seharga Rp2.500 dari sebelumnya Rp2.000 per kilogram.

“Harga ini terus meningkat sejak beberapa hari terakhir,” kata Yuni.

Advertisement

Yuni mengatakan pihaknya memprediksi kenaikan tersebut dikarenakan sulitnya mendapatkan stok sayuran di tingkat petani. Akibat meningkatnya sejumlah harga, dirinya mengaku mengalami penurunan jumlah pembeli sebanyak 15%. Sebab banyak pembeli yang lebih memilih untuk menghemat pembelanjaan mereka.

“Belum memasuki musim panen, sehingga barang susah dicari,” kata dia.

Sementara itu, salah seorang konsumen Sri mengatakan dirinya harus mengurangi pembelian sayuran untuk penghematan. “Sekarang harus menurunkan pembelian,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif