Soloraya
Selasa, 22 Maret 2016 - 06:25 WIB

ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN SOLO : Usia Memasuki 17 Tahun, Siap-Siap Terima Surat Cinta dari Wali Kota Solo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi E-KTP (JIBI/Solopos/Dok)

Administrasi kependudukan Solo, Pemkot Solo dan Kantor Pos akan mengirim surat ucapan ulang tahun kepada warga yang berusia 17 tahun.

Solopos.com, SOLO–Setiap warga Solo yang berulang tahun ke-17 bakal menerima kartu ucapan selamat ulang tahun langsung dari Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo. Pemberian kartu ucapan itu merupakan inovasi program Pemkot dalam pelayanan administrasi kependudukan.

Advertisement

Kartu ucapan diberikan sekaligus undangan untuk mengambil kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Dalam merealisasikan program ini, Pemkot menggandeng PT Pos Indonesia. Penandatanganan kerja sama dilakukan Pemkot dan PT Pos Indonesia, Senin (21/3/2016) di Balai Kota.

“Kami melakukan upaya jemput bola untuk memberi kemudahan warga Solo yang usianya memasuki 17 tahun dalam pengurusan administrasi kependudukan,” kata Kepala  Dispendukcapil Solo, Suwarta.

Suwarta mengatakan sebelumnya Pemkot telah melakukan perekaman data elektronik melalui layanan jemput bola di setiap SMA/SMK dan sederajatnya. Dari perekaman data ini, Pemkot memiliki data setiap warga Solo yang akan berulang tahun ke-17. Kemudian saat tanggal ulang tahun tersebut Pemkot akan mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun beserta harapannya oleh Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo.

Advertisement

Disamping kartu ucapan, Pemkot mengirimkan pula kartu undangan untuk pengambilan e-KTP di Kantor Dispendukcapil.

“Untuk pengiriman kartu ucapan inilah kami kerja sama dengan PT Pos Indonesia. Karena mereka selama ini sudah berpengalaman di bidang itu,” katanya.

Suwarta mengintensifkan layanan jemput bola ke masyarakat. Utamanya bagi warga wajib e-KTP namun belum melakukan perekaman data. Menurutnya perekaman data penting dilakukan sebagai data kependuduk. Berbagai upaya untuk menjaring layanan warga tersebut, di antaranya melakukan jemput bola dengan menerjunkan unit mobil layanan e-KTP. Diproyeksikan pada akhir 2016 nanti, seluruh warga Solo berusia 17 tahun ke atas telah terlayani e-KTP, sedangkan kalangan anak-anak dilengkapi dengan dokumen Kartu Insentif Anak (KIA).

Advertisement

“Mobil keliling pelayanan administrasi kependudukan merupakan komitmen Pemkot dalam memberikan pelayanan prima,” katanya.

Kepala Kantor Pos Besar Solo Fuad Khamali mengatakan pengiriman kartu ucapan selamat ulang tahun bagi warga Solo yang berusia 17 tahun, merupakan terobosan baik dalam meningkatkan layanan bagi warga. PT Pos Indonesia siap membantu dalam pelaksanaan program tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif