Sport
Minggu, 20 Maret 2016 - 17:09 WIB

FORMULA ONE 2016 : Kebocoran Oli Memaksa Rio Haryanto Berhenti

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rio Haryanto sesaat setelah masuk pit dan dinyatakan tak bisa melanjutkan balapan di GP Australia. (Istimewa/@F1)

Formula One 2016 diwarnai dengan Rio Haryanto yang tak bisa melanjutkan balapan.

Solopos.com, MELBOURNE – Rio Haryanto gagal finis dalam debut-nya di balapan Formula One 2016. Masalah pada mobilnya memaksa Rio tak bisa melanjutkan balapan di Sirkuit Albert Park, Minggu (20/3/2016) siang WIB.

Advertisement

Rio tak bisa melanjutkan balapan saat memasuki lap ke-19. Saat itu terjadi insiden antara Fernando Alonso dan Esteban Gutierrez. Seluruh pembalap diharuskan memasuki garasi karena balapan dihentikan sementara akibat insiden tersebut.

Tapi saat balapan kembali dimulai, Rio tak keluar garasi. Diketahui, mobil MRT05 milik Rio mengalami masalah. Manor Racing melalui Twitter-nya mengumumkan mobil Rio mengalami masalah pada driveline sehingga memaksa si pembalap mengakhiri balapan lebih cepat.

Driveline adalah bagian yang berhubungan dengan penyaluran tenaga pada mesin mobil. Ibunda Rio, Indah Pennywati, menyebut ada kebocoran oli di mobil Rio. Hal yang sama sempat terjadi pada tes pramusim Barcelona, awal Maret 2016 lalu.

Advertisement

“Rio baik-baik saja. Kami tentu merasa sedih dia tidak bisa melanjutkan balapan karena ada kerusakan mobil. Ada oli keluar dari as roda belakang,” tutur Indah seperti dkutip dari Detik.com, Minggu (20/3/2016).

“Tim memutuskan untuk berhenti. Kalau dipaksakan, mobil akan rusak lebih parah. Padahal saat itu Rio habis ganti ban, dan dia lebih kencang. Tiba-tiba ada kecelakaan itu,” imbuh dia.

“Tentu saja kami semua merasa sedih dan mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena banyak masyarakat Indonesia yang menonton balapan, baik di Melbourne maupun di Indonesia, yang tentunya merasa kecewa,” tutup Indah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif