Sport
Sabtu, 19 Maret 2016 - 12:00 WIB

FORMULA ONE 2016 : Tabrak Grosjean, Rio Susah Payah saat Latihan Bebas III

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rio Haryanto (Detik)

Formula One 2016 diikuti pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto.

Solopos.com, MELBOURNE – Pembalap Formula 1 Indonesia Rio Haryanto mengalami permulaan sesi latihan bebas hari ketiga yang buruk dalam Australia Grand Prix, pada Sabtu (19/3/2016). Saat keluar dari garasi Manor Racing Rio menabrak mobil pembalap Romain Grosjean dari tim Haas di pit-lane sirkuti Albert Park, Melbourne.

Advertisement

Seperti dilansir Reuters, pembalap Prancis Grosjean masuk pit-lane pertamanya pada permulaan sesi latihan bebas hari ketiga dalam jarak beberapa meter sebelum Rio menabrak pada sisi kanan mobil dalam kecepatan rendah.

Para mekanik dari kedua tim langsung ribut di sekitar mobil itu untuk beberapa waktu sambil berusaha melepaskan mobil masing-masing dan Grosjean dapat mengambil jalan memutar menuju garasi Haas.

Advertisement

Para mekanik dari kedua tim langsung ribut di sekitar mobil itu untuk beberapa waktu sambil berusaha melepaskan mobil masing-masing dan Grosjean dapat mengambil jalan memutar menuju garasi Haas.

Kedua mobil itu pun kembali ke garasi masing-masing untuk mendapatkan pengecekan mendadak sebelum kembali ke lintasan sesi latihan.

Melakoni 23 lap, catatan waktu Rio adalah yang paling lambat dibanding pebalap-pebalap lain, terpaut 3,648 detik dari Hamilton. Rekan setimnya, Pasca Wehrlein, masih lebih kencang ketimbang dirinya, dan menyelesaikan sesi persis satu posisi di atas Rio.

Advertisement

Hidung mobil Manor Rio mengalami sedikit kerusakan, tapi bodi mobil Haas-nya rusak cukup parah, dan memerlukan perbaikan sampai sekitar setengah jam.

“Sorry, guys,” tulis situs resmi F1 mengutip reaksi Rio pada Grosjean.

Sementara itu, Lewis Hamilton menjadi pemenang di sesi latihan bebas GP Australia karena menjadi yang tercepat di tiga sesi.

Advertisement

Hamilton mengalahkan Sebastian Vettel di menit-menit terakhir. Catatan waktu terbaiknya adalah 1:25.624.

Vettel sendiri harus puas berada di tempat ketiga dengan selisih 0,228 detik dari Hamilton, setelah pebalap Ferrari itu juga dikalahkan Nico Rosberg di pengujung sesi.

Kejadian menarik kedua adalah ketika Fernando Alonso melintir 360 derajat di menit ke-10, saat keluar dari sebuah tikungan. Sergio Perez juga melintir sedikit karena menyentuh sisi rumput, tapi masih bisa mengendalikan mobilnya dan tetap melaju.

Advertisement

Werhlein tampil sangat percaya diri. Di menit ke-18, dengan paket ban lunak (soft tyres), dia berhasil menduduki peringkat kedelapan. Berikutnya kecepatan dia bertambah, dan naik satu posisi.

Di menit ke-24, Nico Rosberg harus mengerem sangat dalam untuk menghindari Kevin Magnusson yang terlambat mengeram. Ada sedikit sentuhan di antara kedua pebalap tersebut, tapi Rosberg menemui lebih banyak efeknya.

Grosjean baru keluar dari garasi di sisa 31 menit. Tapi dia langsung menggeber dan merangsek ke barisan tengah.

Di 15 menit terakhir mulai sering terjadi perubahan posisi. Rio sempat pula berada di dua posisi di atas Wehrlein di menit ke-10, tapi di menit-menit terakhir Wehrlein berhasil mengalahkan dia lagi.

Total Rio menghabiskan 23 lap sepanjang sesi, lima lebih banyak daripada Wehrlein. Sementara itu Hamilton menegaskan dominasinya dengan memenangi FP 1 sampai 3. Sesi kualifikasi dengan format baru akan berlangsung mulai pukul 13.00 WIB.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif