Sport
Sabtu, 19 Maret 2016 - 18:30 WIB

FORMULA ONE 2016 : Cuma Hamilton-Rosberg di Sesi Terakhir Kualifikasi, Netizen: Membosankan!

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jumpa pers jelang GP F1 Australia bersama Rio Haryanto, Sebastian Vettel, Daniel Ricciardo, dan Lewis Hamilton, Kamis (17/3/2016). (Istimewa/@F1)

Formula One 2016 mulai menggunakan regulasi baru yang dimulai di kualifikasi GP Australia hari ini. Aturan itu dinilai membosankan.

Solopos.com, JAKARTA — Kualifikasi GP F1 di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, menjadi kali pertama regulasi baru diterapkan. Hari pertama regulasi dalam kualifikasi itu diterapkan, penonton sudah merasakan perbedaan luar biasa dan dinilai membuat sesi itu sangat membosankan.

Advertisement

Ungkapan itu bertebaran di Twitter yang dialamatkan kepada akun @F1 tak lama setelah akun itu menampilkan hasil kualifikasi GP Australia, Sabtu (19/3/2016) siang WIB. Kualifikasi ini dinilai sangat tidak menyenangkan untuk ditonton.

“What a boring new system of Qualifying…nobody on the track for the last few minutes…that’s pathetic [Sistem kualifikasi baru membosankan, tidak ada pembalap di trek di menit-menit akhir. Menyedihkan],” kicau @MitzPitz85.

Hal serupa diungkapkan @AndresCanas1985. “Horror format, terrible, the most badly in many years [format yang mengerikan, buruk, dan terburuk dalam beberapa tahun],” kicaunya. “Qualification by new rules a complete nonsense,” kicau @AlbertValiev.

Advertisement

Anggapan ini bukan tanpa alasan. Berdasarkan regulasi baru F1, ada tiga tahap dalam kualifikasi, yaitu Q1, Q2, dan Q3. Q1 berjalan selama 16 menit. Setelah tujuh menit, pembalap dengan catatan waktu terlambat akan tereliminasi dan mengisi posisi terakhir di start balapan. Selanjutnya setiap 1,5 menit, pembalap terlambat akan terus terkualifikasi hingga jumlah yang tereliminasi ada 7 orang.

Setelah break, waktu akan direset dan 15 pembalap terkualifikasi akan mengikuti Q2 yang berlangsung 15 menit. Setelah 6 menit, pembalap terlambat tereliminasi, dan selanjutnya pembalap paling lambat berikutnya tereliminasi tiap 1,5 menit. Akhirnya, ada tujuh pembalap yang tereliminasi dan akan ditempatkan di posisis start ke-9 hingga ke-15.

Di Q3, setelah break, tahap terakhir selama 14 menit akan dimulai. Setelah 5 menit, pembalap paling lambat tereliminasi, dan tiap 1,5 menit berikutnya pembalap paling lambat tereliminasi dan hanya menyisakan dua pembalap tersisa. Dua orang inilah yang akan bertarung untuk meraih pole position dalam pertarungan selama 1 menit 30 detik.

Advertisement

Hari ini di Albert Park,

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif