Otomotif
Sabtu, 19 Maret 2016 - 22:00 WIB

BURSA MOTOR : Ini 10 Karakter yang Bikin Motor Sport Lebih Wah

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yamaha R1. (Cycleworld.com)

Bursa motor sport mulai diminati karena lebih baik dari tipe lain.

Solopos.com, SOLO — Skuter matik (skutik) dan bebek semula selalu mendominasi bursa motor Indonesia. Tetapi kini posisi motor bebek mulai tergusur oleh motor sport. Lantas apa yang membuat motor sport begitu diminati?

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Cycleworld, Sabtu (19/3/2016), setidaknya ada 10 karakter khas yang membuat motor sport lebih wah ketimbang motor-motor tipe lain. Karakter pertama, motor sport memiliki kecepatan maksimum lebih ngebut dari motor tipe lain yang kapasitas mesinnya sama. Sistem pengeremannya juga dipastikan lebih mumpuni.

Kedua adalah stiff frame atau rangka yang kaku. Selanjutnya jarak cornering clearance menjadi karakter ketiga. Hal itu membuat pengendara dapat merebah lebih rendah dibanding ketika menunggang motor biasa.

Keempat adalah low handlebars atau setang yang rendah, ini berguna untuk mengurangi hambatan angin. Karakter kelima, motor sport memiliki suspensi yang dapat disesuaikan dengan kondisi jalan maupun bobot pengendara.

Advertisement

Ada pula minimal seat high atau jarak minimum antara jok dan tanah sebagai karakter keenam. Tetapi untuk motor sport berkapasitas mesin di bawah 500 cc, hal itu umumnya tidak terlalu menjadi pertimbangan.

Ketujuh, sebuah motor sport biasanya dibekali ban tipe low-profile sebagai standarnya. Ban tipe itu membuat pengendaliannya lebih presisi.

Karakter kedelapan, motor sport selalu memiliki desain bodi yang aerodinamis baik itu sport naked maupun sport fairing. Posisi berkendara yang sporty dengan kaki ditekuk ke belakang dan dada sedikit rendah menjadi karakter kesembilan.

Advertisement

Terakhir, karakter yang membuat motor sport lebih diminati di bursa motor adalah mesinnya yang kuat. Bukan hanya performa, namun mesin yang kuat “disiksa” untuk dipacu dengan kecepatan tinggi dalam waktu lama.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif