Jogja
Sabtu, 19 Maret 2016 - 03:40 WIB

BAHAN PELEDAK : Granat Aktif Ditemukan di Gamping

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi granat (JIBI/dok)

Benda tersebut saat ini diamankan di Markas Brimob Polda DIY untuk diselidiki.

 

Advertisement

Harianjogja.com, GAMPING – Sebuah bahan peledak sejenis granat aktif ditemukan di Bantaran Sungai Winongo di Dusun Trini, Trihanggo, Gamping, Sleman, Kamis (17/3/2016). Benda tersebut saat ini diamankan di Markas Brimob Polda DIY untuk diselidiki.

Kapolsek Gamping Kompol Agus Zaenudin menjelaskan, granat itu kali pertama ditemukan oleh Triyanto, 42, warga setempat saat sedang memancing di bibir Sungai Winongo. Saat melakukan kegiatan itu Triyanto melihat adanya benda mencurigakan tak jauh dari ia duduk. Setelah didekati, benda itu rupanya menyerupai granat manggis. Khawatir berbahaya, Triyanto kemudian menghentikan aktifitas memancing karena menyadari ada bahan peledak di sekitarnya.

“Saksi kemudian melapor ke Pospol simpang empat Trihanggo diterima oleh anggota dan diteruskan ke kami di Mapolsek,” ungkap Agus, Jumat (18/3/2016).

Advertisement

Agus menambahkan, pihaknya mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengamankan sekitar lokasi. Petugas Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda DIY pun didatangkan ke lokasi untuk mengamankan barang tersebut. Proses evakuasi granat itu juga dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) Detasemen Gegana.

Ia menegaskan, dari hasil koordinasi dengan Brimob, benda tersebut dipastikan granat yang masih aktif. Belum diketahui secara pasti asal muasal benda itu, namun jika dilihat dari bentuk fisiknya diduga telah bertahun-tahun berada di TKP. Anggota Gegana pun membawa granat manggis itu ke Markas Brimob untuk diselidiki lebih lanjut oleh tim pengawas senjata dan bahan peledak. “Memang granat aktif, namun untuk waktu kapan diletakkan butuh penyelidikan lebih lanjut,” tegasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif