Jogja
Jumat, 18 Maret 2016 - 19:55 WIB

SENSUS EKONOMI 2016 : 6100 Petugas Diterjunkan Mendata Sektor Usaha di DIY

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Apel siaga petugas Sensus Ekonomi (SE) DIY umat (18/3/2016). (Yudho Priyambodo/JIBI/Harian Jogja)

Sensus Ekonomi di DIY akan menerjunkan 6100 petugas

Harianjogja.com, BANTUL – Sebanyak 6100 petugas Sensus Ekonomi (SE) akan lakukan pendataan seluruh sektor usaha di wilayah DIY pada 1-31 Mei. Sebelum melaksanakan tugas perwakilan petugas sensus tersebut melakukan kegiatan apel siaga dan jalan santai SE2016.

Advertisement

Sejumlah 228 orang perwakilan petugas SE tersebut telah mengikuti apel siaga di gedung Badan Pusat Statistik (BPS), Jumat (18/3/2016). Setelah melakukan apel para petugas melalukan kampanye dan jalan santai di jalan malioboro hingga nol kilometer.

Kepala BPS DIY, J. Bambang Kristianto mengatakan kegiatan apel siaga dan jalan santai ini berfungsi untuk mengingatkan seluruh pegawai BPS untuk bersiap dan bersiaga mensukseskan SE2016 dan sebagai kampanye pelaksanaan SE2016.

“Kegiatan apel dilaksanakan agar petugas sensus siap dan siaga, serta ini sebagai media untuk kampanye pelaksanaan SE2016,” kata Bambang, Jumat (18/3/2016).

Advertisement

SE sendiri adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh BPS pada setiap sepuluh tahun sekali. SE sendiri telah dilakukan sebanyak tiga kali 1986, 1996, 2006, dan akan dilakukan lagi tahun ini. SE dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data seluruh sektor usaha secara menyeluruh.

“Dengan diadakanya sensus ekonomi maka seluruh data seluruh sektor usaha akan masuk dengan lengkap, kemudian data tersebut akan menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur sektor ekonomi non pertanian,” ujar Bambang.

Seluruh pelaku usaha baik perusahaan dengan fisik ataupun online nantinya wajib menerima para petugas SE ini.

Advertisement

“Para petugas SE harus diterima dengan baik, seluruh data sebaiknya diberikan kepada petugas SE. Karena data ini tidak ada hubungannya dengan pajak perusahaan dan datanya akan dijamin kerahasiaannya oleh BPS,” tambah Bambang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif