News
Jumat, 18 Maret 2016 - 20:00 WIB

KASUS HAMBALANG : Jokowi Kunjungi Hambalang, Nasib Proyek Segera Diputuskan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menpora Imam Nahrawi (tengah), Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (kiri) meninjau lokasi Proyek Wisma Atlet di Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor Jawa Barat, Jumat (18/3/2016). Presiden menegaskan proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat adalah aset negara yang harus diselamatkan, proyek itu telah menghabiskan uang negara hingga mencapai Rp 2,7 triliun. (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

Kasus Hambalang membuat nasib megaproyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Olahraga Nasional (P3SON) terhenti. Presiden Jokowi segera memutuskan nasibnya.

Solopos.com, BOGOR — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan mendadak ke megaproyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, Jumat (18/3/2016).

Advertisement

Presiden melakukan pengecekan kondisi bangunan dan tanah di kompleks proyek yang terhenti dan sempat diproses oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut. Kepala Negara mengatakan penentuan keputusan kelanjutan pembangunan akan ditentukan dalam rapat kabinet terbatas dalam waktu dekat.

“PU akan mengecek kembali struktur tanah, bangunan. Seminggu-dua minggu setelah pengecekan akan dilakukan ratas,” katanya, di kompleks proyek, Jumat. Dia mengatakan opsi melanjutkan pembangunan atau penghentian proyek akan dikaji secara mendalam.

Namun, dia memastikan keputusan nantinya akan didasarkan untuk penyelamatan aset negara dengan mempertimbangkan besarnya anggaran yang selama ini sudah dikeluarkan. “Sudah menghabiskan anggaran triliun. Kalau dibiarkan, berarti akan kehilangan dana dan aset itu,” ujarnya.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Bisnis/JIBI, terdapat lima bangunan utama di kompleks proyek yang mangkrak dengan kondisi pembangunan sekitar 40-50% dari finalisasi.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi serta Pemerintah Kabupaten Bogor.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif