Jogja
Jumat, 18 Maret 2016 - 17:20 WIB

INTERNET MASUK DESA : Kebanyakan Website yang Dimiliki Desa Tidak Aktif

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Internet masuk desa belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh warga

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Perkembangan informasi dan teknologi harus dimanfaatkan desa untuk pengembangan potensi kewilayahan.

Advertisement

Keberadaan website untuk saat ini menjadi sangat penting, karena selain digunakan sebagai penyebaran informasi, juga bagian dari program peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Sayangnya penyediaan jaringan dari Pemerintah Kabupaten belum seluruh desa memanfaatkan akses tersebut. Dari 144 desa di Gunungkidul, baru sekitar 25% desa yang mengelola website dengan baik.

Kepala Bidang Statistik dan Perencanaan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul Saptoyo mengakui, belum seluruh desa memanfaatkan jaringan internet yang disediakan pemkab untuk pelayanan publik.

Advertisement

Hal itu terlihat masih sedikitnya desa yang berperan aktif dalam mengelola laman di internet itu. “Masih belum banyak, karena baru 25% desa yang aktif dalam pengelolaan website yang dimiliki,” kata Saptoyo kepada wartawan di sela-sela kegiatan Forum e-Government Desa se-Kabupaten Gunungkidul, Kamis (17/3/2016).

Menurut dia, banyak manfaat yang diperoleh jika desa mau aktif dalam mengelola website. Salah satunya, potensi yang dimiliki bisa tersebar secara luas sehingga memungkinkan adanya investor yang melirik kemungkinan menanamkan modalnya di desa itu.

Laman ini juga bisa menjadi sarana untuk penyebaran informasi ke masyarakat. Selain itu, lewat media ini juga sebagai ajang komunikasi dengan warga tanpa harus bertatap muka, karena masyarakat bisa menyalurkan aspirasi atau keluhan di laman tersebut.

Advertisement

“Akan terus kita dorong, baik itu melalui pelatihan atau dengan pendampingan sehingga web yang ada terkelola dengan baik,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif