Sport
Jumat, 18 Maret 2016 - 22:00 WIB

F1 GP AUSTRALIA 2016 : Lintasan Basah, Rio Haryanto Sempat Frustasi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rio Haryanto (Detik)

F1 GP Australia 2016 diwarnai dengan Rio Haryanto yang kesulitan membalap di lintasan basah.

Solopos.com, MELBOURNE – Rio Haryanto belum menuai hasil maksimal pada sesi latihan bebas F1 GP Australia 2016. Dalam dua sesi latihan yang digelar, Rio belum bisa menembus 10 besar.

Advertisement

Pada sesi latihan bebas pertama di Sirkuit Albert Park, Jumat (18/3/2016), Rio melahap sirkuit dengan catatan waktu 1 menit 43,372 detik dan menyelesaikan tujuh lap. Dia menempati urutan ke-19 dengan hanya meninggalkan pembalap Haas, Romain Grosjean, di posisi paling buncit.

Laju di sesi latihan bebas kedua juga tak membaik. Catatan terbaik Rio di sesi kedua ini adalah 1 menit 44,304 detik atau lebih lambat sekitar 1 detik dari sesi pertama. Karena banyak pembalap yang tak menyelesaikan sesi ini, Rio naik ke posisi ke-14. Dia berada di atas runner up musim lalu, Nico Rosberg, yang berada di posisi paling akhir karena sempat menabrak dinding.

Rioo sendiri mengaku kesulitan mengendalikan mobil di lintasan basah. Dia mengaku frustasi namun dia menyatakan akan mengambil pengalaman dari latihan bebas kali ini. Dia bertekad memberikan yang terbaik pada balapan, Minggu (20/3/2016) besok.

Advertisement

“Hari ini cuaca sangat berbeda, sungguh. Saya belum pernah menjalankan mobil F1 dalam kondisi basah, jadi latihan tadi cukup membuat saya frustasi. Tapi justru kondisi itu cukup positif karena saya mendapatkan pengalaman ini secepatnya,” kata Rio seperti dikutip dari Detik.com, Jumat (18/3/2016).

“Target utamanya adalah bisa merasakan lap sebanyak mungkin, tidak peduli apa pun kondisinya dan itulah yang kami lakukan. Tentunya kalau sempat merasakan trek kering akan cukup membantu menjalani sisa akhir pekan nanti. Beberapa hari ke depan bakal tak mudah diprediksi, tapi saya berharap kami bisa memaksimalkan program kami besok,” tutur dia.

Sementara itu rekan satu tim Rio, Pascal Wehrlein, membuat catatan waktu lebih cepat, baik pada latihan bebas sesi pagi ataupun petang. Wehrlein cukup puas dengan hasil latihan hari ini.

Advertisement

“Ini bukan cuaca yang bagus di hari pertama dalam musim debut saya tapi menjadi sebuah awal yang bagus. Target utama adalah bisa merasakan sebanyak mungkin lap hari ini. Tidak masalah kondisinya seperti apa, dan itu sudah kami lakukan,” ucap Wehrlein.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif