Soloraya
Jumat, 18 Maret 2016 - 15:15 WIB

EARTH HOUR 2016 : Ini 5 Ruas Jalan Protokol Kota Solo Yang Dipadamkan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Earth Hour 2014 di Pendapi Gede Solo, Sabtu (29/3/2014) malam. (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Earth hour 2016, Pemkot akan memadamkan listrik di lima ruas jalan protokol Kota Solo selama 1 jam.

Solopos.com, SOLO–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan memadamkan listrik di lima ruas jalan protokol dalam rangka kampanye Earth Hour pada Sabtu (19/3/2016) malam. Pemadaman listrik dilakukan serentak selama satu jam, pukul 20.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB.

Advertisement

Seluruh pengelola hotel, pusat perbelanjaan dan masyarakat juga diimbau ikut menyukseskan kampanye dengan memadamkan listrik.  Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Solo Widdi Srihanto melalui Kepala Bidang (Kabid) Kepatuhan Hukum Peningkatan Kapasitas BLH Vitriawan ketika dijumpai Solopos.com, mengatakan surat imbauan ikut memadamkan listrik sebelumnya telah diedarkan Pemkot kepada seluruh pengelola hotel, pusat perbelanjaan, lingkungan perkantoran dan masyarakat.

Sesuai imbauan pemadaman listrik dilakukan di bagian depan atau lobi masing-masing bangunan. Vitriawan mengatakan pemadaman listrik merupakan upaya penghematan energi listrik sekaligus pengurangan panas bumi selama satu jam. Meskipun hingga kini Pemkot belum mampu menghitung besaran penghematan energi listrik tersebut. “Kami ajak pengelola hotel, mal dan masyarakat untuk turut serta memadamkan lampu pada saat perayaan earth hour,” katanya.

Vitriawan mengatakan akan memadamkan listrik di lima ruas jalan protokol di Solo. Kelima ruas jalan yang menjadi target pemadaman lampu, yakni Jl. Slamet Riyadi, Jl. Jenderal Sudirman, sebagian wilayah Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Ronggowarsito, serta Jl. Mayor Kusmanto.
Pemadaman dilakukan selama satu jam. Dia mengatakan pemadaman listrik tidak total dilakukan di seluruh Kota Solo. “Kami  telah berkoordinasi dengan Dishubkominfo [Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Dishubkominfo], serta Polresta Surakarta terkait pengamanan selama pemadaman listrik. Termasuk, lanjut dia, pengamanan arus lalu lintas di ruas jalan yang dipadamkan,” katanya.

Advertisement

Koordinator Kota Earth Hour, Risna Dwiguna mengatakan ajang Earth Hour di Solo akan dilaksanakan di Kompleks Balai Kota untuk mengistirahatkan bumi dengan cara mematikan energi listrik di rumah. Beberapa komunitas dipastikan ikut menyemarakkan selebrasi Earth Hour, antara lain kelompok Voxma, Gerkatin, Red Batik, Sekolah dasar (SD) Warga serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen 1. “Mereka akan menyuguhkan kepiawaian masing-masing dalam olah seni selama satu jam saat seluruh lampu dipadamkan,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif