Jateng
Jumat, 18 Maret 2016 - 13:50 WIB

DESA GOTONG ROYONG : Jambu Nomine Desa Gotong Royong Terbaik Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi luwak penghasil kopi khas. (JIBI/Solopos.com/Dok.)

Desa gotong royong dilombakan di tingkat Jateng, Desa Jambu di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang adalah salah satu kandidatnya.

Semarangpos.com, UNGARAN – Desa Jambu di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ditetapkan sebagai salah satu kandidat desa gotong royong terbaik tingkat Jateng 2016. Penilaian desa pelaksana gotong royong terbaik ini dilakukan oleh tim terpadu yang dipimpin oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes) Jateng, Tavip Supriyanto, Selasa (16/3/2016).

Advertisement

Tavip menjelaskan lomba desa pelaksana gotong royong ini digelar guna menggugah dan menggelorakan kembali semangat gotong royong warga. Saat ini ada enam desa di Jateng yang masuk kandidat sebagai pemenang. Selain Jambu, ada lima desa lain yang berpotensi menjadi pemenang, yakni satu desa asal Kota Semarang, Magelang, Tegal, Temanggung dan Kebumen.

“Di era sekarang ini, budaya gotong royong ditengarai kian memudar. Karena itu diperlukan upaya kreatif untuk menggugah kembali semangat gotong royong masyarakat,” ujar Tavip seperti dilansir laman Internet resmi Pemkab Semarang, semarangkab.go.id, Rabu (17/3/2016).

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Semarang itu menambahkan keenam kandidat yang dipilih memenangi desa gotong royong terbaik itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nantinya, keenam desa ini akan bersaing dalam penilaian yang dilakukan tim terpadu yang beranggotakan berbagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Jateng dan tim dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Advertisement

Bedah Rumah
Sementara itu, Bupati Semarang, Mundjirin E.S. mengaku senang dengan ditetapkannya Desa Jambu sebagai kandidat desa gotong royong terbaik di Jateng. Ia pun yakin Desa Jambu layak memenangi lomba itu.

“Harus diakui, rasa gotong royong di kalangan warga Desa Jambu masih sangat kental. Bahkan di desa itu ada gotong royong dengan binatang luwak di desa untuk meningkatkan mutu komoditas biji kopi yang menjadi andalan desa,” ujar Mundjirin.

Kepala Desa Jambu, Rohmad, menjelaskan berbagai kegiatan gotong royong yang dilakukan warganya, antara lain yakni melaksanakan kebersihan setiap Jumat dan Minggu, serta perbaikan rumah tidak layak huni. “Bagi warga yang rumahnya dianggap tidak layak huni, dibantu secara swadaya oleh para tetangga baik tenaga maupun dana. Karenanya, tidak bergantung pada bantuan dari Pemerintah,” jelasnya.

Advertisement

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif