Jogja
Kamis, 17 Maret 2016 - 06:20 WIB

TIPS ASUH ANAK : Anak Aktif Bertanya, Ini Manfaatnya

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu dan anak (www.laparent.com)

Tips asuh anak berupa kebiasaan bertanya menambah percaya diri.

Harianjogja.com, SLEMAN—Anak-anak secara alami suka bicara dan bergerak. Olifant membagi beberapa langkah atau cara agar anak berani bertanya dan bicara di depan umum sejak dini.

Advertisement

Pengajar di Olifant Elnofita Prabowo mengungkapkan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menemani anak saat menonton televisi dan mengondisikannya agar terbiasa menyimak. Setelah itu, ajukan pertanyaan kepada mereka seputar hal-hal yang disimak.

“Dalam situasi seperti ini, orangtua tidak boleh bosan untuk memancing pertanyaan terlebih dahulu kepada anak,” ujar dia dalam rilisnya, Rabu (16/3/2016).

Kemudian, orangtua dapat mendampingi anak-anak dalam belajar bersama. Hal ini bisa dimulai dengan mengajukan masalah kesulitan belajar di sekolah dari masing-masing anak atau memulainya dengan mengajukan pertanyaan seputar ilmu yang telah mereka dapatkan. Metode cerita dapat juga digunakan dalam melatih keberanian berbicara pada anak. Dengan menyimak cerita, anak akan mengeksplorasi rasa ingin tahunya tentang berbagai hal.

Advertisement

Orangtua hendaklah memberi perhatian dan bertanya seputar perasaan, kondisi fisik, atau masalah lainnya. Hal ini akan membuat anak terbiasa untuk mengomunikasikan hal-hal yang mereka alami kepada orang tua. Namun, orangtua juga perlu mengingat orangtua harus menghargai usaha terkecil apapun yang dilakukan anak untuk bertanya.

Meminta kepada anak untuk memberi komentar dan kritikan atas tindakan yang dilakukan sehari-hari. Jika hal ini dibiasakan, maka anak akan belajar untuk mengevaluasi hal-hal yang dia lihat. Dalam poin ini, orangtua sebaiknya membiasakan untuk mengomunikasikan kalimat perintah menjadi kakimat ajakan, sehingga anak akan merasa dilibatkan, bukan disuruh. Mengusahakan untuk menjawab pertanyaan anak. Jika anak menanyakan sesuatu, maka sebisa mungkin orangtua harus menjawab pertanyaan tersebut dan tidak ditunda-tunda.

“Jika orangtua cukup kesulitan untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka ajak anak untuk menemukan jawabannya bersama-sama,” ungkap dia.

Advertisement

Langkah selanjutnya, orangtua bisa menanamkan cara bertanya yang positif. Tanamkan pada anak bahwa bertanya harus dilakukan dengan cara yang baik, tidak berteriak, tepat pada waktunya, dan menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung orang lain.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif