News
Kamis, 17 Maret 2016 - 17:00 WIB

SELEKSI KOMISIONER KOMPOLNAS : Ada Mantan Capim KPK di Daftar Calon Komisioner Kompolnas

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota Komisi Kepolisian Nasional (kompolnas) Edi Hasibuan (kiri) dan Hamidah Abdulrahman memberikan keretangan pers saat mengunjungi Pos Polisi Singosaren, Rabu (5/9/2012). Sebelumnya di tempat tersebut terjadi penyerangan yang menewaskan angota Polresta Solo Bripka Dwi Data Subekti. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Seleksi Komisioner Kompolnas telah menghasilkan 50 calon yang lolos seleksi tertulis. Ada mantan pimpinan KPK di antaranya.

Solopos.com, JAKARTA — Pansel calon Anggota Komisi Kepolisian Nasional mengumumkan 50 peserta yang lulus uji seleksi tertulis anggota Kompolnas periode 2016-2010. Ketua Pansel Kompolnas Imam Sudjarwo mengatakan para peserta itu dinyatakan lolos setelah mengikuti seleksi tes tertulis pada 10 Maret lalu.

Advertisement

Adapun rinciannya terdiri atas 48 pria dan dua wanita. “Pakar kepolisian ada 14 orang,” katanya, Kamis (17/3/2016).

Imam mengatakan selanjutnya 50 orang itu akan mengikuti assessment test di lantai 10 Gedung TNCC Assessment Center Mabes Polri pada 20-24 Maret 2016. Publik pun bisa melihat nama-nama para peserta calon yang lolos tes tertulis di situs pansel.kompolnas.go.id.

Dalam asesmen itu, ada proses penelusuran rekam jejak 50 orang tersebut oleh Bareskrim Polri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Badan Intelijen Negara (BIN). “Dari assessment test dan rekam jejak akan disaring menjadi 24 orang,” ujarnya.

Advertisement

Setelah itu, para peserta akan mengikuti tes wawancara dan tes kesehatan sehingga diseleksi menjadi 12 orang terbaik untuk disetorkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 15 April 2016. “Hak prerogatif presiden untuk memilih enam orang sebagai anggota Kompolnas,” kata Imam.

Di antara 50 peserta yang lolos uji tertulis itu antara lain Komisioner Kompolnas saat ini Eddie Saputra Hasibuan, Syafriadi Cut Ali, dan mantan Kapolda Papua Irjen Pol (Purn) Yotje Mende. Sekedar informasi, Yotje juga pernah mengikuti seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif