Entertainment
Kamis, 17 Maret 2016 - 16:45 WIB

SANKSI KPI : Zaskia Gotik Lecehkan Lambang Negara, KPI Panggil RCTI

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - KPI panggil RCTI terkait Zaskia Gotik (Kpi.go.id)

Sanksi KPI dilayangkan kepada RCTI terkait Zaskia Gotik yang dianggap telah menghina Indonesia di acara Dahsyat.

Solopos.com, JAKARTA – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memanggil stasiun televisi RCTI untuk dimintai klarifikasi terkait pernyataan Zaskia Gotik yang melecehkan lambang negara Republik Indonesia dalam program acara Dahsyat yang ditayangkan RCTI Selasa, (15/3/2016).

Advertisement

RCTI yang diwakili bagian produksi program Dahsyat Sambodo dan Jahja I Rianto (Opa) serta Corporate Secretary menyampaikan permohonan maaf dan memberikan penjelasan mengenai Zaskia Gotik kepada Anggota KPI Pusat Agatha Lily dan Sujarwanto Rahmat Arifin di acara Dahsyat. Menurut RCTI, pernyataan Zaskia di luar skenario.

“Kami sangat terkejut dengan jawaban Zaskia dan langsung menegur keras Zaskia untuk segera menyampaikan permintaan maaf,” kata Opa sebagaimana dilansir KPI di situs resminya, Kamis (17/3/2016).

Keesokan harinya, Zaskia meminta maaf secara langsung kepada masyarakat Indonesia di sela-sela program acara Dahsyat Rabu, (16/3/2016). Dalam pernyataannya, Zaskia Gotik sangat menyesal dan memohon maaf kepada masyarakat dan juga negara. Dirinya mengaku tidak sengaja dan di luar kesadaran saat melontarkan jawaban tersebut.

Advertisement

Sementara itu, KPI melalui Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat Agatha Lily menegaskan apa yang dinyatakan Zaskia Gotik dalam acara Dahsyat pada, Selasa, sangat menghina dan melecehkan kehormatan lambang negara. Zaskia juga dinilai tidak menghargai sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dengan berkata tidak layak. Menurutnya, komentar tersebut sangat tidak pantas.

“Artis-artis yang sering salah bicara dan melakukan pelanggaran sangat riskan kalau terus siarkan secara live,” tegas Lily kepada perwakilan RCTI yang hadir.

Meskipun Zaskia Gotik sudah meminta maaf, KPI tetap mengambil langkah tegas dengan menjatuhkan sanksi kepada acara Dahsyat RCTI. Sanksi teguran akan disampaikan KPI Pusat ke RCTI pada Kamis.

Advertisement

“?Ini adalah merupakan teguran terakhir, jika pelanggaran kembali terjadi makan program tersebut akan kami hentikan kembali,” tegas Lily.

Dalam kesempatan tersebut, pihak RCTI juga menyatakan akan menyiarkan permintaan maaf Zaskia Gotik pada program acara lain sebagai bentuk tanggung jawab RCTI.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif