Jogja
Rabu, 16 Maret 2016 - 05:20 WIB

UJIAN NASIONAL : Hanya 47 MA Menyelenggarakan UAMBN

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi Madrasah Aliah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Ujian Nasional, 47 MA yang akan melaksanakan UAMBN

Harianjogja.com, JOGJA-Dari total 50 Madrasah Aliyah (MA) baik negeri maupun swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hanya 47 MA yang melaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2015/2016.

Advertisement

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kantor Wilayah DIY Noor Hamid pada Senin (14/3/2016) mengatakan tiga MA yang tidak menyelenggarakan UAMBN dikarenakan MA tersebut belum lama didirikan dan belum memiliki siswa kelas XII yang merupakan peserta ujian.

UAMBN yang berbentuk ujian tertulis (Paper Based Test) di DIY ini diikuti oleh 3.924 peserta, delapan siswa di antaranya berkebutuhan khusus. Pelaksanaan ujian ini dikoordinasi oleh 20 Kelompok Kerja (Pokja) se-DIY. Dari hasil monitoring sementara, diketahui pelaksanaan UAMBN pada hari pertama ini diwarnai sejumlah kendala, yakni di MA Negeri Pakem mengalami kekurangan empat lembar soal. Meski demikian, hal tersebut langsung diatasi oleh Pokja setempat.

“Setelah ditangani, persoalan kekurangan soal bisa terselesaikan, UAMBN kembali berjalan lancar,” ungkapnya.

Advertisement

Noor Hamid menambahkan, ada tiga tujuan yang ingin dicapai dari UAMBN ini. Antara lain sebagai upaya mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik, sesuai dengan standar kompetensi pada Mata Pelajaran (Mapel) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab, sebagai bahan pemetaan dan arah dalam peningkatan mutu madrasah berbasis kebijakan program, mengetahui kompetensi dan kualitas tenaga pendidik Mapel PAI dan Bahasa Arab, sebagai salah satu syarat ketentuan kelulusan peserta didik sekaligus pertimbangan bagi lulusan yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

Sementara itu, Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jogja In Amullah menuturkan pelaksanaan UAMBN hari pertama di MAN 2 Jogja berlangsung lancar. Mapel yang diujikan adalah Al Qur’an Al Hadits, Akidah dan Akhlak, Akhlak. Pihaknya menargetkan bisa meraih peringkat tinggi dalam rata-rata nilai hasil UAMBN di Jogja.

Persiapan yang dilakukan menuju UAMBN salah satunya melalui try out. Ia berharap hasil keterampilan kognitif yang dicapai siswa dalam UAMBN ini, nantinya akan terlihat pula pada keseharian siswa.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif