Jogja
Rabu, 16 Maret 2016 - 10:55 WIB

TRANS JOGJA : Pengambilan 25 Bus Bantuan Dipercepat

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Trans Jogja (JIBI/Harian Jogja/dok)

Trans Jogja terus diperbaiki kualitas layanan dan fasilitasnya.

Harianjogja.com, JOGJA- Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Haryanta mengatakan patahnya pen roda bus Trans Jogja, Senin (14/3/2016) di dekat Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) merupakan kesalahan operator. Setiap hari pihak operator mestinya rutin melakukan pengecekan sebelum menjalankan kendaraan.

Advertisement

“Kami sudah melakukan evaluasi dan memberikan denda karena kualitas pelayanan yang kurang baik,” kata Sigit.

Dia menjelaskan saat ini mereka sedang mengupayakan mempercepat pengambilan 25 bus bantuan dari Pemerintah Pusat untuk mengganti 34 bus generasi pertama Trans Jogja. Saat ini pihaknya juga sudah mulai menemukan titik terang utnuk bisa segera mengambil bus dan mengoperasionalkannya.

Sebelumnya, Pemda DIY sengaja belum mengambil bus bantuan karena belum ada kepastian terkait kemungkinan penggantian plat nomor menjadi kuning bagi bus yang dimiliki Pemda. Masalah itu sudah dicoba dituntaskan dengan surat dari Dirjen Perhubungan Darat kepada Kepala Koordinator Lalu Lintas Mabes Polri. Dirjen Perhubungan Darat meminta untuk mengizinkan  kendraan bantuan kepada Pemda yang akan digunakan untuk Badan layanan Umum memasang plat kuning.

Advertisement

Kebijakan itu sudah mendapatkan izin dari Polri, namun DIY terkendala status UPT Trans Jogja yang saat ini belum berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Untuk mengubah statusnya menjadi BLUD dibutuhkan waktu dan proses panjang sehingga langkah ini dinilai tak efektif.

Solusinya, Sigit mengatakan mereka akan menugaskan PT AMI sebagai BUMD untuk mengelola bus bantuan Pemerintah Pusat. Dengan begitu plat nomor kuning bisa segera diproses dan Trans Jogja baru bisa segera menggantikan armada lama.

“Kamis kemarin kami sudah kirim surat ke DPPKA untuk merapatkan rencana ini. Kamis besok rencananya kami akan rapat untuk membahas mekanismenya,” tandas Sigit.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Pemda DIY Trans Jogja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif