Otomotif
Rabu, 16 Maret 2016 - 15:30 WIB

TIPS OTOMOTIF : Cara Mudah Pasang Wiper Kaca Mobil Sendiri

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi wiper mobil. (Istimewa/Carcoops.com)

Tips otomotif kali ini tentang memasang wiper kaca mobil.

Solopos.com, JAKARTA – Tak jarang seseorang datang ke bengkel hanya untuk mengganti wiper kaca mobil. Padahal proses mengganti wiper sebenarnya dapat dilakukan sendiri di rumah. Lebih jelasnya simak terus tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Dalam tips otomotif yang dibagikan komunitas Toyota Etios Valco Club Indonesia (Tevci) dijelaskan bahwa wiper harus diganti dengan yang baru ketika fungsinya menyapu air dan debu tidak lagi maksimal. Salah satu tandanya adalah muncul suara decitan ketika wiper dihidupkan.

Akibat terburuk jika wiper tidak segera diganti adalah visibilitas pengemudi akan berkurang ketika turun hujan. Selain itu kaca mobil berisiko tergores sebab wiper berdecit umumnya menandakan bagian karet penyapu yang telah mengeras.

Seperti dilansir laman Detik, Selasa (15/3/2016), langkah pertama untuk mengganti wiper Etios Valco adalah hidupkan mesin mobil dan putar tuas wiper ke posisi on. Ketika wiper dalam posisi tegak segera matikan mesin mobil. Hal itu supaya lebih mudah untuk melepas karetnya.

Advertisement

Selanjutnya lepas wiper lama dengan membuka sejumlah kenop dan masukkan yang baru. Tetapi pastikan ukuran wiper baru sama persis dengan bawaan pabrik. Setelah terpasang, kunci lagi kenop sampai terdengar bunyi klik. Sekarang wiper baru sudah siap digunakan.

Tips otomotif selanjutnya supaya karet wiper lebih tahan lama, sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman resmi Toyota Indonesia,  sebaiknya angkat tangkai wiper ketika mobil diparkir di bawah terik matahari. Sebab suhu panas pada kaca mobil membuat karet wiper cepat mengeras.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif