Jogja
Rabu, 16 Maret 2016 - 19:20 WIB

PENYALAHGUNAAN NARKOBA : 5 Desa di Sleman Bentuk Satgas Antinarkoba

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - DEKLARASI

Penyalahgunaan narkoba di Sleman diantisipasi dengan pembentukan satgas antinarkoba

Harianjogja.com, SLEMAN- Keterlibatan masyarakat untuk membendung penyebaran narkotika terus ditingkatkan. Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sleman tahun ini kembali membentuk Satuan Petugas (Satgas) Antinarkoba di lima desa.

Advertisement

Kepala BNNK Sleman, Kuntandi mengatakan, kelima desa yang akan memiliki Satgas Antinarkoba tahun ini meliputi Desa Bokoharjo, Prambanan, Kalitirto (Berbah), Caturharjo (Sleman), Margodadi (Sayegan) dan Sumbersari (Moyudan). Keberadaan Satgas Antinarkoba tersebut bertujuan untuk memproteksi wilayah tersebut dari ancaman narkoba.

“Satgas dibekali dengan pemahaman tentang narkoba untuk membantu pemerintah menciptakan masyarakat bersih narkoba,” ucapnya, Selasa (15/3/2016) di kantornya.

Penambahan Satgas tersebut melengkapi keberadaan 23 Satgas lainnya yang lebih dulu dibentuk. Dengan demikian, tahun ini baru 28 desa yang memiliki Satgas Antinarkoba dari 86 desa se wilayah Sleman.

Advertisement

Meskipun belum semua desa memiliki Satgas, namun pencegahan peredaran narkoba tetap dilakukan dengan melibatkan semua elemen. Tahun ini, BNNK Sleman juga melatih kader-kader di tingkat kecamatan dan lingkungan pendidikan. Mereka menjadi perpanjangan tangan BNNK untuk memberikan edukasi terkait bahaya narkoba kepada masyarakat.

Kader-kader BNNK yang dilatih tersebut diharapkan bisa menggerakkan dan meningkatkan kinerja Satgas di desa-desa. Termasuk, mendorong pembentukan Satgas Antinarkoba bagi desa yang belum memiliki Satgas.

“Memang ada Satgas yang berjalan baik, ada juga yang tinggal lembaganya. Kader-kader inilah yang nantinya akan bergerak untuk mendampingi para Satgas. Kinerja (Satgas) yang baik ditingkatkan, (Desa) yang belum (memiliki Satgad) dibentuk. Sebab ini sudah darurat narkoba,” kata Kuntadi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif