Jogja
Selasa, 15 Maret 2016 - 06:55 WIB

TRANS JOGJA : Ban Copot, Perlukan Bus Dikandangkan?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus Trans Jogja (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Trans Jogja rusak lagi

Harianjogja.com, JOGJA-– Bus Trans Jogja kembali mengalami kerusakan saat beroperasi Senin (14/3/2016). Roda depan bagian kiri bus jalur 2B copot saat bus tengah melaju di dekat UKDW. Beruntung tak ada korban dalam kejadian itu.

Advertisement

(Baca Juga : TRANS JOGJA : Duh, Roda Depan Bus Trans Jogja Lepas)

Anggota Komisi C DPRD DIY Chang Wendriyanto mengatakan insiden kali ini benar-benar berbahaya. Pasalnya kerusakan ban bisa membuat kendali bus menjadi oleng dan susah dikemudikan.

Sebelumnya, kejadian serupa juga terjadi. Sebuah bus Trans Jogja copot bagian kemudinya di Malioboro karena sudah aus. Bus yang rusak waktu itu juga meruoakan bus generasi pertama Trans Jogja.

Advertisement

“Harusnya sudah dikandangkan daripada mencelakai penumpang dan pengguna jalan lain,” kata dia.

Chang melanjutkan, hal itu akan lebih baik meskipun artinya Trans Jogja hanya memiliki 40 armada yang bisa beroperasi. Dari sisi jumlah, 40 bus memang jauh dari ideal, namun beberapa kejadian beruntun pada bus lawas mengindikasikan kondisi yang tak lagi prima.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Haryanta mengatakan bus tambahan sebagai pengganti 34 bus generasi pertama sebenarnya sudah tersedia dan siap didistribusikan. Hanya saja pihaknya masih menunggu kepastian dari Polda DIY terkait kemungkinan mengganti warna plat nomor yang aslinya merah menjadi kuning.

Advertisement

“Kami masih menunggu jawaban soal itu, sampai saat ini busnya masih ada di Magelang tinggal diambil. Kalau memang dari kepolisian terlalu lama, mungkin akan kami usahakan cara lain agar bus itu bisa berpelat kuning,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif