Lifestyle
Selasa, 15 Maret 2016 - 09:20 WIB

TIPS KESEHATAN : Anggur Kurangi Risiko Kebutaan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Tips kesehatan ini merupakan anggur yang kaya antioksidan dan melindungi sel sehat DNA dari kerusakan.

Harianjogja.com,AMERIKA-Selama ini anak-anak dibujuk makan wortel agar memiliki daya penglihatan yang baik.

Advertisement

Dikutip dari Dailymail, Sabtu (12/3/2016), saat ini ada sebuah penelitian yang mengungkapkan manfaat anggur yang baik bagi mata. Bahkan buah ini dapat mengurangi risiko kebutaan di masa depan.

Anggur dapat melindungi sel-sel tubuh dari reaksi kimia yang dikenal dengan stres oksidatif. Dengan mengkonsumsi buah ini, molekul berbahaya [radikal bebas] yang masuk retina dapat dicegah.

Advertisement

Anggur dapat melindungi sel-sel tubuh dari reaksi kimia yang dikenal dengan stres oksidatif. Dengan mengkonsumsi buah ini, molekul berbahaya [radikal bebas] yang masuk retina dapat dicegah.

Buah ini kaya antioksidan dan melindungi sel sehat dari bahaya DNA turunan. Anggur juga dipercaya mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk mata.

Retina merupakan bagian dari mata yang terdiri dari sel-sel dan berfungsi merespon cahaya (photoreceptors). Penyakit penuaan di retina dapat mengakibatkan kebutaan.

Advertisement

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrisi ini mengungkapkan anggur tidak hanya mencegah bahaya stres oksidatif tetapi juga mempertahankan struktur retina.

Stres oksidasi yang tinggi berhubungan erat dengan penyakit retina yang banyak dialami saat usia semakin lanjut.

Dalam penelitian ini, tikus yang diberi makan anggur kering atau bubuk anggur sebanyak tiga kali sehari seperti manusia. Diet yang harus dijalani dengan menjaga kadar gula atau standar penelitian untuk mengontrol diet pada umumnya. Hasil riset menunjukkan jika struktur mata dan fungsi dapat terjaga di kelompok tikus yang memakan anggur.

Advertisement

Tikus di kelompok ini juga dijaga tingkat ketipisan retinanya, kuantitas photoreceptor dan tingkat aktivitas photoreceptor yang dapat menimbulkan stres oksidatif. Sementara di kelompok tikus yang tak mendapat anggur terdapat lubang dan luka. Tingkat ketipisan juga terus mengalami penurunan.

“Hasil penelitian sangat menggembirakan dan membuktikan manfaat konsumi anggur untuk kesehatan mata.”

Selama ini, anggur dikenal sebagai buah super yang kaya vitamin C, K dan beta-carotene yang membantu melepas radikal bebas. Biasanya bahaya ini banyak disebabkan oleh radiasi seluler.

Advertisement

Riset sebelumnya, peneliti dari Universitas Glasgow menemukan manfaat jus anggur dapat mengurangi risiko serangan jantung, kanker dan alzheimer.

Penelitia lain, dari Universitas Washington menemukan manfaat anggur untuk mencegah kenaikan berat badan.

Anggur mengandung resveratrol [juga terkandung di blueberri, strawberi, rasberi dan apel] dapat mengungbah lemakl putih ditubuh menjadi “lemak krem” yang dapat membakar kalori.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif