Entertainment
Selasa, 15 Maret 2016 - 17:10 WIB

SENSASI ARTIS : Zaskia Gotik Dinilai Hina Indonesia saat Tampil di TV

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Zaskia Shinta (Twitter.com)

Sensasi artis Zaskia Gotik dituding telah menghina lambang Indonesia saat tampil di program televisi.

Solopos.com, JAKARTA – Pendangdut Zaskia Gotik dinilai telah menghina Indonesia saat tampil di sebuah program televisi, Selasa (15/3/2016) pagi. Komentar Zaskia soal lambang negara Indonesia dan tanggal proklamasi telah melukai warga Indonesia.

Advertisement

Kejadian itu bermula saat Zaskia ditanya tentang hari proklamasi, pelantun Satu Jam Saja itu dengan enteng menyebut, “32 Agustus”. Bahkan, Zaskia Gotik menyebutkan tanggal dengan asal sambil tertawa, berharap jawabannya dianggap lucu.

Seperti diketahui, hari proklamasi diperingati oleh bangsa Indonesia pada 17 Agustus 2016 menjadi momentum berharga atas kemerdekaan bangsa.

Tak berhenti sampai di situ, seperti dilansir Liputan6.com, Selasa, Zaskia Gotik juga menghina Pancasila yang menjadi ideologi dasar bagi negara Indonesia. Zaskia Gotik menyebutkan, lambang sila kelima adalah bebek nungging.

Advertisement

Di lambang negara Garuda itu, sila kelima adalah padi dan kapas yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Entah apa yang membuat pedangdut ini berkelakar dengan membawa serta lambang negara.

Zaskia Gotik seharusnya sadar komentarnya yang menghina negara bisa berbuntut panjang bahkan sampai ke jalur hukum. Larangan untuk menghina negara dan lambangnya diatur dalam Pasal 24 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Dalam Pasal 57 a jo Pasal 68 tertulis, “Setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif