Jogja
Selasa, 15 Maret 2016 - 19:20 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Beli Cabai Rp3.000 Dulu Dapat Satu Ons, Kini Cuma 3 Batang

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang cabai di Pasar Beringharjo, (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Harga kebutuhan pokok untuk komoditas bawang merah mencapai Rp45.000 per kilogram

Harianjogja.com, KULONPROGO – Bawang merah dan cabe rawit menjadi komoditas yang mengalami kenaikan harga paling signifikan selama satu minggu terakhir. Dari pantauan di Pasar Wates, harga bawang merah mencapai Rp45.000 per kilogram dan cabe rawit naik hingga Rp50.000 per kilogram.

Advertisement

Sejumlah komoditas bahan pokok naik sejak seminggu terakhir di Pasar Wates, Kulonprogo. Meski demikian, Tukirah, salah satu pedagang sayur di Pasar Wates menjelaskan bahwa bawang merah sebelumnya dibandrol dengan harga Rp27.000 per kilogram,sedangkan cabe rawit dengan harga Rp30.000 per kilogram.

Selain itu, tomat, bawang putih dan beberapa jenis sayuran lainnya juga mengalami kenaikan harga meski tidak setinggi bawang merah dan cabe rawit.

Ia menjelaskan bahwa kenaikan harga tersebut masih berada dalam batas normal karena terbatasnya stok saat ini. Pasokan barang kini menjadi lebih terbatas karena beberapa daerah penghasil komoditas ini kini baru mulai memasuki masa tanam.

Advertisement

“Petani baru mulai tanam lagi jadi normal jika mahal,” ujarnya saat ditemui pada Selasa (15/3/2016).

Meski demikian, diperkirakan harga-harga ini akan terus bertahan hingga jelang Idul Fitri ini.

Namun, Tukirah menjelaskan bahwa kenaikan harga ini tidak terlalu berpengaruh banyak kepada penjualan. Meski memang sedikit lebih sepi, masyarakat tetap membeli beberapa kebutuhan pokok ini.

Advertisement

Ia menjelaskan bahwa ini terkait dengan selera masyarakat yang selalu menggunakan bahan-bahan pokok tersebut ketika memasak. Bahkan sejumlah masyarakat membeli dengan nominal lebih banyak karena kenaikan harga tersebut.

“Sebelumnya beli Rp3.000 satu ons dapat beberapa cabai maka sekarang cuma dapat 3 batang,”ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif