Jateng
Senin, 14 Maret 2016 - 01:50 WIB

XL Axiata Kenalkan M-Fish kepada Nelayan di DIY

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Regional Sales Manager XL DIY Yudith Sabrina (kanan) bersalaman dengan Kepala Seksi Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan Perikanan Gunung Kidul,Turdiyono setelah sosialisasi aplikasi digital m-fish. (JIBI/Semarang.com/Istimewa)

XL Axiata mengenalkan teknologi m-fish kepada nelayan di Dearah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Semarangpos.com, SEMARANG PT XL Axiata Tbk (XL) mengimplementasikan teknologi m-fish kepada para nelayan di Pantai Baron, Gunung Kidul dan Pantai Depok, Bantul, Daerah Istimewa Ygyakarta (DIY).

Advertisement

Vice Presiden Central Region XL Bambang Parikesit mengatakan dengan adanya sarana berteknologi digital m-fish bisa dimanfaatkan nelayan setempat memang membutuhkan dukungan untuk lebih produktif. “Pada tahap awal, akan ada 260 paket teknologi m-fish yang kami bagikan kepada nelayan di DIY,” katanya dalam rilis di Semarang, Jumat (11/3/2016).

Distribusi paket teknologi m-fish terdiri dari 160 paket untuk nelayan Pantai Baron, Gunung Kidul dan sisanya 10 paket untuk nelayan Pantai Depok, Bantul.  Satu paket m-fish terdiri dari handset, kartu Sim XL, pengisi batre tenaga sinar matahari, tas anti air, dan kabel data.

“Implementasi m-fish di DIY ini sekaligus sebagai upaya XL untuk menyosialisasikan pemanfaatan teknologi digital guna meningkatkan kinerja dan produktivitas warga nelayan di berbagai bidang,” ujar Bambang.

Advertisement

Dalam mengimplementasikan m-fish, sambung dia, XL bekerjasama dengan Tone yang menjadi partner pengembang aplikasi tersebut. Aplikasi m-fish memiliki fitur yang menyediakan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, melalui aplikasi canggih tersebut, nelayan juga bisa saling berkomunikasi.

“Untuk memastikan program implementasi m-fish di DIY berjalan maksimal kami mendapatkan dukungan dari PT Komunika Mitra Pratama, mitra dealer XL di Jogja untuk  menyediakan pendampingan kepada nelayan selama enama bulan,” bebernya.

Petugas dari Komunika Mitra Pratama secara rutin akan mendatangi nelayan untuk melakukan pendampingan sekalian menjaga tingkat efektifitas. “Sosialisasi program m-fish sudah dilakukan sejak Desember 2015. Selain itu, dari sisi jaringan, di kedua area tersebut sudah tersedia layanan 3G dengan kualitas yang bagus untuk akses data,” ungkapnya.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : M-fish XL Axiata
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif