Lifestyle
Minggu, 13 Maret 2016 - 23:10 WIB

WISATA MALANG : Gunung Bromo Kembali Dibuka untuk Wisatawan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kawasan Gunung Bromo (JIBI/Solopos/Dok)

Wisata Malang Gunung Bromo kembali dibuka untuk wisatawan.

Solopos.com, MALANG – Wisata Gunung Bromo kembali dibuka per Sabtu (12/3/2016). Sebelumnya gunung yang dapat diakses via Malang, Jawa Timur, itu ditutup lantaran mengalami erupsi dan berstatus siaga.

Advertisement

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Ayu Dewi Utari mengatakan Gunung Bromo dibuka setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menurunkan statusnya dari siaga menjadi waspada.

“Pembukaan kawasan Wisata Bromo secara penuh dilaksanakan pada 12 Maret 2016. Kendaraan bermotor dapat memasuki Kawasan Tengger Laut Pasir namun dengan tetap menaati peraturan yang berlaku,” ungkap Ayu seperti dilansir laman Okezone, Sabtu (12/2/2016).

Ayu menambahkan pembukaan wisata Gunung Bromo dilakukan setelah petugas gabungan, TNBTS, pelajar, pengusaha hotel, pramuwisata, dan pelaku wisata, melakukan kerja bakti membersihkan jalur wisata.

Advertisement

“Kerja bakti di lautan pasir dibagi beberapa sektor. Pelaku wisata kuda di sektiar bawah tangga sampai tempat transit dekat ponten. Pelaku wisata Jeep antara tempat transit Jeep sampai Bukit Teletubbies. Masyarakat lain menyesuaikan,” imbuhnya.

Dilaporkan laman Detik, Gunung Bromo sebenarnya sudah dapat diakses sejak akhir Februari lalu. Tetapi saat itu wisatawan tidak diperkenankan membawa kendaraan baik roda empat, roda dua, maupun kuda ke kaldera. Sebab pasca erupsi ada perubahan struktur tanah dan pasir di kaldera.

Seperti diketahui, wisata Gunung Bromo di Jawa Timur sempat ditutup untuk wisatawan setelah terjadi erupsi 4 Desember 2015. Gunung dengan pemandangan eksotis itu pun ditingkatkan statusnya menjadi siaga.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif