Lifestyle
Minggu, 13 Maret 2016 - 06:30 WIB

TIPS KEUANGAN : 4 Trik Kelola Uang Biar Cepat Kaya

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengelola keuangan (Freemanav-ca.com)

Tips keuangan kali ini mengulas cara mengelola keuangan agar isi dompet Anda cepat tebal.

Solopos.com, SOLO — Gaji sebesar apa pun akan habis begitu saja jika tidak dikelola dengan baik. Terkait dengan itu, berikut akan diulas empat tips agar uang Anda tak habis sia-sia, sehingga pundi-pundi tabungan pun menebal.

Advertisement

Dihimpun Solopos.com dari The Muse, Jumat (11/3/2016), empat kebiasaan baik dalam mengelola uang tersebut, meliputi persiapan dana dadakan hingga segera lunasi utang yang ada.

Simak ulasan lengkap empat trik kelola uang berikut ini.

1. Persiapkan Dana Dadakan
Tak ada orang yang berharap tertimpa kejadian buruk, seperti kecelakaan atau sakit. Namun, sebagai manusia biasa, pasti ada masa ketika Anda akan berhadapan dengan hal-hal insidental semacam itu.

Advertisement

Maka dari itu, cobalah mengatur keuangan untuk anggaran dana insidental ini. Anda bisa menyisihkan sedikit uang dari total gaji Anda tiap bulan. Anda harus disiplin untuk mengumpulkan dana insidental ini.

Jika suatu saat ada hal mendadak yang membutuhkan dana lebih, Anda sudah siap secara biaya, sehingga tidak perlu mengganggu anggaran dana pokok untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Meminimalkan Penggunaan Kartu Kredit
Pembayaran melalui kartu kredit bisa membuat orang cenderung konsumtif. Ketika keinginan belanja tidak bisa terkontrol, di akhir bulan uang Anda akan terasa habis begitu saja untuk membayar tagihan kartu kredit.

Advertisement

Untuk menghindari uang tandas di akhir bulan, sebaiknya sejak awal bulan Anda membuat anggaran yang jelas tentang apa saja yang perlu Anda beli selama sebulan. Jangan mudah tergoda dengan diskon. Lalu, bayarlah secara tunai setiap barang yang Anda beli.

Perhatikan betul jumlah pengeluaran Anda yang menggunakan sistem pembayaran kartu kredit. Dengan demikian, Anda bisa memiliki kontrol diri untuk berbelanja dan menyimpan uang.

3. Amplop Berlabel
Metode amplop berlabel ini terbilang kuno. Tapi nyatanya trik ini jitu untuk membantu Anda dalam menyisihkan bisa menabung tiap bulan. Biasakan membuat anggaran setiap bulan. Lalu, begitu Anda menerima gaji, segera pilah-pilah uang untuk kepentingan Anda selama sebulan. Anda bisa menulisi amplop dengan label “Untuk Gas”, “Untuk Makan”, “ Untuk Jalan-Jalan”, dan seterusnya.

4. Segera Lunasi Utang
Apabila Anda memiliki utang dengan orang lain atau pinjaman bank. Jangan malas untuk segera melunasinya. Semakin lama Anda menunda bayar utang, semakin utang banyak utang Anda sehingga sulit untuk menutupnya di kemudian hari. Sisihkan gaji Anda untuk membayar utang secara berkesinambungan. Dengan cara ini, kantong uang Anda aman dari kekeringan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif