Teknologi
Minggu, 13 Maret 2016 - 03:00 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Wow, Sarung Tangan Ini Berbasis Virtual Reality

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Manus VR (Engadget)

Teknologi terbaru sarung tangan virtual reality bernama Manus VR siap dirilis.

Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi virtual reality (VR) dipastikan tak akan cuma berhanti sampai headset VR. Perusahaan bernama Manus berhasil membuat teknologi terbaru prototipe sarung tangan VR yang dinamai Manus VR.

Advertisement

Seperti halnya headset VR seperti Oculus atau yang semacamnya, teknologi terbaru sarung tangan Manus VR juga prinsip kerja yang sama. Pengguna akan bisa merasakan sensasi lingkungan sungguhan dalam nuansa VR. Bedanya Manus VR berguna untuk bisa berinteraksi langsung dengan benda-benda yang ada di dunia VR.

Jadi kalau headset VR mampu mengajak penggunanya menikmati pemandangan dunia VR, maka teknologi terbaru Manus VR bikin pengguna bisa seakan menyentuh benda-benda yang ada di dimensi VR.

Namun saat ini status teknologi terbaru Magnus VR masih prototipe, yang berarti sepertinya masih cukup lama sampai perangkat ini benar-benar dirilis ke publik. Tapi kalau melihat perkembangan VR yang sudah cukup matang sekarang ini, mungkin pengembangannya tak akan selama Oculus Rift.

Advertisement

Apalagi pembesutnya juga sudah menyiapkan Software Development Kit (SDK) bagi developer game yang tertarik mengusung sarung tangan Magnus VR di game garapannya. Menariknya juga, Magnus VR dipastikan bakal kompatibel dengan game-game PC, Google Cardboard, dan Samsung Gear VR.

Pada awalnya Magnus VR akan dijual sebagai developer kit untuk studio-studio game. Harganya terbilang menggoda, kabarnya Magnus akan menawarkannya senilai US$250 saja. Penjualannya mulai dilakukan pada kuartal II 2016 mendatang.

Selain teknologi terbaru Magnus VR, sebenarnya ada beberapa perusahaan lain yang juga mengembangkan perangkat serupa. Tapi bisa dibilang yang paling mendekati final adalah Magnus VR ini, sehingga pantas kalau sarung tangan VR menyandang gelar pertama di dunia. https://www.youtube.com/watch?v=t4TvtAXdHJU.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif